1. VEMALE
  2. /
  3. KEHAMILAN

3 Nutrisi Paling Penting Dikonsumsi Ibu Hamil Setiap Hari

Rabu, 12 September 2018 11:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Nutrisi ibu hamil/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Hal paling penting yang selalu harus diperhatikan ibu hamil adalah kecukupan nutrisi dari makanan. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan diri sendiri, namun juga untuk kesehatan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Tapi dari banyaknya vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil, ada nutrisi paling penting yang tak boleh terlewat jadi konsumsi setiap hari. Dilansir dari WebMd.com, ini 3 nutrisi paling penting yang dibutuhkan ibu hamil.

1. Asam Folat

Asam folat dibutuhkan untuk menjaga perkembangan sehat otak bayi dan mencegah cacat seperti spina bifida. Disarankan sejak masa kehamilan awal wanita hamil mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari. Bisa dimulai dari minggu pertama hingga 12 minggu awal kehamilan.

Asam folat bisa didapatkan dari suplemen kehamilan atau dari makanan seperti sayuran berdaun hijau, buah-buahan asam, dan biji-bijian atau kacang-kacangan.

2. Zat Besi

Zat besi dibutuhkan ibu untuk menjaga kesehatan sel darah merah yang membawa oksigen. Zat besi juga dibutuhkan bayi untuk membentuk sel darah merah dan sel-sel tubuhnya. Zat besi bisa didapat dengan minum suplemen penambah darah, atau dari makanan seperti bayam, ikan, daging (baik unggas maupun merah), kacang merah, dan telur.

3. Kalsium

Kalsium dibutuhkan ibu hamil terutama untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang diri sendiri. Sedangkan bayi akan cenderung menyerap kalsium dari tubuh ibu untuk kebutuhan hampir sama, yaitu membantu tulang. Kalsium biasanya bisa didapat dari suplemen atau dari makanan seperti susu, ikan, brokoli, bayam, tahu dan kedelai.

Itu dia tiga nutrisi yang paling dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan mendukung perkembangan sehat bayi. Jangan lupa mencukupinya setiap hari ya, Moms.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
#MovieTalk Sakral - Perdana Main Film, Olla Ramlan Ketagihan