1. VEMALE
  2. /
  3. KEHAMILAN

Apa yang Harus Dilakukan Ibu Hamil di Kehamilan Minggu 1?

Senin, 10 September 2018 12:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Kehamilan minggu 1/copyright Shutterstock.com

Vemale.com - Di kehamilan minggu 1, belum banyak perubahan yang bisa dirasakan ibu hamil, dan bahkan tubuh tidak akan menunjukkan perubahan. Di minggu inilah siklus menstruasi akan berhenti dan perkembangan sel telur akan dimulai.

Dilansir dari MotherandBaby.co.uk, perubahan hormon akan terjadi di dalam tubuh, tubuh akan merangsang otak untuk melepaskan hormon luteinising (LH) dan hormon perangsang folikel (FSH) untuk membantu kehamilan. Ini yang harus dilakukan bumil untuk membantu perkembangan janin.

1. Mulai mengonsumsi asam folat

Nutrisi ini dibutuhkan untuk membentuk organ tubuh bayi termasuk mencegah risiko terjadinya spina bifida.

2. Hindari kafein

Jangan minum lebih dari 3 cangkir kopi per hari karena kafein bisa memberi efek buruk pada kandungan. Mulailah mengurangi konsumsi kopi, cukup sehari sekali jika memang tak bisa berhenti sepenuhnya.

3. Cukupi nutrisi tubuh

Mulailah diet sehat dengan mengatur pola makan makanan bergizi, terutama yang mengandung zat besi dan kalsium.

4. Jangan stres

Jika ini adalah kehamilan pertama, mungkin kamu akan diliputi banyak pikiran karena ini adalah pengalaman pertama. Jangan gugup dan hindari kegiatan yang membuat diri sendiri stres.

Itu sekian hal pertama yang bisa kamu lakukan di kehamilan minggu pertama, periksakan diri juga ke dokter kandungan untuk mengetahui kondisi kesehatan kandungan ya Moms.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Berkaca Pada Kasus Via Vallen Vs Jerinx, Bagaimana Aturan Cover Version?