Sukses

Parenting

5 Momen Bayi Merasa Paling Bahagia dalam Kandungan Ibu

Selain segala hal rintangan dan tantangan yang harus dihadapi ibu hamil dalam menjaga kandungan, ada momen kebahagiaan ketika mengetahui bayi di dalam rahim bisa tumbuh dengan sehat. Dan menjaga perasaan tetap bahagia itu penting. Karena ternyata ada beberapa momen yang membuat bayi bahagia selama di kandungan ibu.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Psychological Science menyebutkan bahwa bayi dalam kandungan bisa merasakan kondisi psikologis ibu, dan karena inilah ia juga bisa merasakan perasaan ibu ketika sedih atau bahagia.

Seringkali ibu mengajak bayi di dalam perut berinteraksi dengan mengajak bicara, cara ini sangat bagus lho.

1. Makan makanan manis
Bayi bisa membedakan berbagai rasa selama minggu ke 13-15 kehamilan. Air ketuban akan memberikan rasa makanan yang dimakan ibu dan bayi akan bisa merasakan dan menyerapnya ke dalam tubuh. Bayi lebih bahagia ketika ibu makan makanan manis namun perhatikan porsinya juga ya Moms.

2. Mandi dan berendam air hangat
Ini adalah salah satu cara relaksasi diri yang bisa dilakukan setelah seharian lelah melakukan kegiatan. Ketika kandungan cukup besar, bayi sudah mulai bisa merasakan perubahan suhu di luar tubuh ibu. Suhu hangat air akan membuatnya nyaman di dalam kandungan, apalagi ibu mengalami penurunan tingkat stres sehingga membuat bayi tenang.

Bayi bisa merasa bahagia jika ibu melakukan elusan di perut/copyright Shutterstock.com

3. Mengelus perut
Reseptor sentuh akan bisa dirasakan bayi memasuki minggu ke-8. Dan bayi akan merasa nyaman ketika ada sentuhan di perut. Mengelus perut bayi juga bisa dilakukan ayah untuk memberikan kenyamanan pada ibu dan bayi sambil mendengarkan musik atau menikmati sore hari.

4. Mendengarkan musik
Di minggu ke 25-26, bayi sudah mulai bisa mendengarkan suara dari luar. Ini adalah momen yang tepat mengenalkan bayi pada berbagai suara yang menenangkan untuk mendukung perkembangan otaknya yang cerdas.

5. Tawa ibu
Bayi juga merasa ikut bahagia ketika ibu tertawa. Ia akan ikut melompat naik turun ketika ibu tertawa. Hal ini terjadi karena adanya pergerakan otot di perut. Hormon kebahagiaan juga mengalir ke dalam bayi sehingga ia ikut merasakan bahagia.

Bayi juga merasa bahagia jika ibu rajin olahraga dan istirahat cukup karena itu penting untuk kesehatan ibu. Jadi, jangan kira bayi tak tahu apa-apa selama di dalam rahim, karena ternyata ia bisa merasakan apa yang kamu rasakan. Yuk jaga suasana hati bahagia agar bayi dalam kandungan juga bahagia.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading