Sukses

Parenting

Berbahayakah JIka Tiba-tiba Perut Terasa Kencang Saat Hamil Muda?

Mom, saat hamil memang kita perlu memperhatikan secara detil apa yang terjadi pada tubuh kita. Sekecil-kecilnya rasa sakit bisa merupakan suatu pertanda. Apalagi jika perut terasa kencang saat hamil muda.

Perut yang terasa kencang saat hamil muda rasanya tidak nyaman dan menimbulkan kekhawatiran. Namun, sebetulnya hal ini wajar untuk kehamilan yang normal. Tetapi kalau terjadi empat kali atau lebih dalam satu jam, sebaiknya segeralah berkonsultasi ke dokter.

Kencangnya perut saat hamil bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah nyeri ligamen. Saat hamil, otot dan jaringan sekitar perut akan menyokong rahim. Jaringan ini disebut round ligamen, yang terhubung dari sekitar rahim hingga lipatan paha. Ligamen-ligamen pun akan meregang saat rahim mengalami perluasan. Akibatnya, perut pun terasa kencang.

Faktor lainnya yang menyebabkan perut kencang adalah konstipasi. Hal ini wajar, karena saat hamil hormon progesteron meningkat sehingga pencernaan pun berfungsi lebih lambat.

Kram perut juga bisa menjadi penyebab kencangnya bagian perut saat kehamilan. Kram terjadi karena sel telur yang dibuahi sedang mencoba melekat pada dinding rahim.

Selain faktor-faktor ringan di atas, perut yang terasa kencang saat hamil muda perlu diwaspadai sebagai gejala kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik merupakan kondisi di mana telur yang dibuahi sperma ternyata tidak menempel di rahim. Ada juga gejala dari penyakit lain yang lebih serius yang ditunjukkan melalui perut yang terasa kencang, misalnya usus buntu, infeksi saluran kemih atau batu ginjal.

Jika terasa nyeri yang tak wajar, sebaiknya Mom segera pergi ke rumah sakit agar diketahui faktor penyebab pastinya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading