Sukses

Parenting

Ibu Hamil Mengonsumsi Makanan Pedas, Bolehkah?

Agar buah hati dalam kandungan nutrisinya tercukupi dengan baik, seorang ibu harus mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi cukup setiap harinya. Ibu hamil juga penting berhati-hati dalam memilih setiap makanan yang hendak dikonsumsi. Ini demi menjaga tumbuh kembang buah hati di kandungan agar tetap baik dan mengesankan.

Tapi, ibu hamil yang hendak mengonsumsi makanan pedas, apakah boleh? Melansir dari laman klikdokter.com, makanan pedas sebenarnya tidak dijadikan makanan yang pantang dikonsumsi ibu hamil. dr. Atika, mengungkapkan jika makanan pedas boleh dikonsumsi ibu hamil selama itu dikonsumsi secara tepat atau tidak berlebihan.

"Makanan pedas boleh saja dikonsumsi saat hamil, karena ini tidak memiliki efek samping yang buruk buat kesehatan ibu maupun janin. Namun, bagi ibu hamil yang memiliki riwayat sakit lambung atau masalah pencernaan terkait makanan pedas, ia sangat perlu membatasi asupan makanan pedas. Pun, bagi ibu hamil yang tidak memiliki riwayat sakit perut, tidak diperkenankan konsumsi makanan pedas secara berlebihan," ungkap dr. Atika.

Selain penting dibatasi, konsumsi makanan pedas juga perlu diperhatikan kesehatannya. Jika ingin konsumsi sambal, pilih sambal yang terbuat dari bahan alami. Hindari mengonsumsi sambal kemasan yang mengandung pengawet, penyedap dan zat kimia lainnya.

Selain itu, melansir dari laman Momjunction.com, alasan ibu hamil harus mengurangi asupan makanan pedas karena terlalu berlebihan konsumsi makanan pedas bisa meningkatkan risiko mulas dan refluka asam di lambung. Jika hal ini terjadi, dikhawatirkan ini akan membuat kontraksi kandungan terlebih lagi jika usia kandungan ada pada trimester ketiga.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading