Sukses

Parenting

Ternyata Nada Suara yang Berubah Saat Hamil adalah Hal Wajar, Kok Bisa?

Kehamilan adalah masa yang unik dan langka bagi setiap perempuan karena selalu ada kejadian baru yang belum pernah dirasakannya. Misalnya seperti naiknya berat badan yang drastis, ngidam, hingga ada-ada saja ritual aneh agar sang janin bayi bisa selalu sehat dan terlahir sempurna.

Sebuah studi dari University of Sussex di Brighton, menemukan bahwa nada suara perempuan bisa berubah setelah melahirkan anak pertamanya. Penelitian didasari banyaknya bukti ilmiah sejak tahun 1970an bahwa para penyanyi perempuan mengalami perubahan suara setelah persalinan. Hal itu semakin kuat saat penyanyi Adele juga mengaku bahwa suaranya menjadi lebih berat saat masa kehamilan.

Seperti yang kita tahu bahwa ketika suara wanita menjadi lebih rendah dan monoton atau disebut vocal masculizing adalah hal yang umum menurut para ahli. Hal ini berdasar pada penelitian yang dilakukan dengan menganalisis 600 suara perempuan dan membaginya menjadi 2 grup yaitu 20 orang ibu dan 20 perempuan berusia matang yang belum pernah melahirkan. Penelitian ini meneliti bagaimana perubahan suara ibu sebelum, selama, dan sesudah hamil selama periode 10 tahun.

Perubahan suara saat hamil/ Copyright : freepik.com/ bristekjegor

Hasilnya pun menunjukkan bahwa kehamilan memang memiliki efek maskulinisasi bagi perempuan yang bersifat sementara sehingga mempengaruhi perubahan suara mereka. Meskipun belum tahu penyebab spesifiknya, namun ada satu penjelasan bahwa hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormon. Faktanya, setiap perempuan akan berubah suara saat masa subur, ovulasi, dan menopause yang bisa mempengaruhi pita suara dan kontrol suara.

Namun jangan panik dulu wahai para ibu-ibu dan calon ibu, menurut penelitian juga ternyata suara perempuan juga bisa kembali pada nada sebelumnya dalam waktu 1 tahun setelah melahirkan. Nah, jadi sudah jelas ya memang perubahan suara saat hamil adalah hal yang wajar. Jadi jangan panik dan khawatir kamu kehilangan suara indahmu, mom.

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading