Sukses

Parenting

Cara Menangani dan Mencegah Flek Saat Hamil

Kebahagiaan setelah hasil testpack positif bisa berubah jadi mendung menyelimuti saat tiba-tiba moms melihat ada bercak darah menempel di celana dalam. Jangan panik dulu, karena flek saat hamil biasa dialami moms pada usia kandungan sampai 12 minggu pertama. Ini bukan berarti bisa disepelekan begitu saja, tapi ada baiknya untuk segera diperiksakan ke dokter.

Dianggap sesuatu yang tidak normal, flek saat hamil kebanyakan bukanlah hal yang berbahaya, meski kamu tetap harus memeriksakannya ke dokter. Kabar baiknya, yang juga bisa jadi semangat buat moms yang mengalami flek saat hamil, 50% perempuan yang mengalami hal ini ternyata masih bisa survive dengan proses kehamilan yang sehat, dan melahirkan bayi yang sehat pula.

Nah, jika flek atau pendarahan terjadi di trimester kedua atau ketiga, kamu harus memeriksakannya ke dokter sesegera mungkin, terutama jika darah yang keluar serupa seperti darah haid. Kamu harus memastikan bahwa darah yang keluar itu bukan merupakan komplikasi kehamilan. Pendarahan yang berlebihan di hari-hari menjelang kelahiran juga harus ditangani dengan serius.

Untuk mengatasi dan mencegah terjadinya flek saat hamil, dan melanjutkan proses kehamilan yang sehat, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan. Seperti yang dilansir dari American Pregnancy, berikut saran yang diberikan:

  • Bed rest atau memperbanyak tidur siang
  • Istirahatkan kaki dengan tidak terlalu banyak berjalan atau berdiri
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih
  • Kurangi aktivitas yang membuat lelah secara fisik
  • Sesekali letakkan kaki ke atas setiap ada kesempatan
  • Jangan mengangkat barang-barang yang berat

Tetap ingatlah! Meski mayoritas perempuan hamil mengalami flek atau pendarahan kecil, tetap konsultasikan dengan dokter jika hal tersebut terjadi pada kamu. Jangan panik yang berlebihan, supaya suasana hati dan pikiran tetap tenang. Well, selamat melanjutkan proses kehamilan dengan sehat, moms!

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading