Sukses

Parenting

4 Manfaat Makan Rumput Laut untuk Kesehatan Ibu Hamil & Janin

Ibu hamil bukan hanya harus menjaga kesehatan dengan tidak banyak beraktivitas berat, tapi juga memerhatikan asupan makanan dan nutrisi setiap hari. Termasuk memilih manakah makanan yang bisa mendukung kehamilan dan manakah yang tidak, karena bagaimana pun, tidak semua makanan sehat bisa mendukung kehamilan.

Salah satu makanan yang bisa dimasukkan ke dalam daftar makanan bernutrisi untuk ibu hamil mungkin adalah rumput laut. Seperti dilansir Klikdokter.com, Dokter Astrid Wulan Kusumoastuti mengatakan bahwa ada sekian manfaat sehat yang bisa didapat ibu hamil dengan makan rumput laut.

1. Yodium
Rumput laut mengandung yodium tinggi yang dibutuhkan ibu hamil dan perkembangan janin sehat, karena kekurangan yodium bisa bermasalah pada perkembangan tulang bayi. Bukan hanya itu, mencukupi kebutuhan yodium juga baik untuk fungsi tiroid sehat pada ibu, menjaga fungsi metabolisme dan produksi hormon. Konsumsi rumput laut lebih baik ketimbang garam yang berisiko menyebabkan tekanan darah tinggi.

2. Vitamin K
Ibu hamil butuh semua macam vitamin, termasuk vitamin K yang fungsinya mengoptimalkan pembentukan tulang oleh kalsium dan menjaga kesehatan proses penggumpalan darah sehingga tidak mengalami pendarahan berkepanjangan. Rumput laut bisa memenuhi kebutuhan vitamin K pada ibu hamil, cukup makan satu mangkuk kecil setiap hari.

Rumput laut punya nutrisi lengkap yang dibutuhkan ibu hamil/copyright Unsplash.com/Ana Tavares

3. Asam folat
Rumput laut juga memiliki kandungan asam folat yang menjadi kebutuhan utama ibu hamil. Asam folat dibutuhkan untuk menunjang pembentukan sel-sel saraf janin, sel-sel darah merah sehat, serta mencegah kelainan perkembangan susunan saraf bayi. Serat rumput laut juga efektif menjaga pencernaan ibu hamil yang sering bermasalah.

4. Vitamin B12
Sama halnya dengan asam folat, vitamin B12 yang berperan mendukung pembentukan dan perkembangan sel saraf janin, serta membantu produksi sel-sel darah merah. Asupan vitamin B12 juga bisa mencegah terjadinya anemia selama kehamilan.

Rumput laut punya kandungan nutrisi lengkap yang sudah jelas tidak merugikan ibu hamil, baik untuk mendukung kesehatan ibu maupun perkembangan janin di dalam kandungan. Jadi, jangan ragu masukkan rumput laut ke dalam daftar menu makanan wajib selama hamil ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading