Sukses

Parenting

13 Tanda-Tanda Hamil, Congrats Jika Kamu Merasakan Ini Moms!

Banyak perubahan yang terjadi pada tubuh perempuan saat mereka sedang dalam masa kehamilan. Ada beberapa tanda-tanda hamil yang paling sering tampak, dan kamu pasti sempat mengalami salah satunya, moms. Apa saja itu? Yuk cek 13 tanda hamil berikut ini!

Tanda-Tanda Hamil: Sensitif Pada Bebauan

© Shutterstock

Salah satu dari sekian banyak ciri-ciri wanita hamil adalah sensitif pada bebauan tertentu. Hal ini biasanya berlaku pada bau-bau yang tidak disukai seperti asap rokok, buah-buahan yang kamu suka dan masih banyak lagi yang lain.

Kamu juga bisa saja jadi merasa terganggu dengan parfum suami atau bahkan bau bedakmu saat kamu merasa sensitif pada bebauan ini.Jangankan parfum, keringat suami saja bisa jadi muduh besar sebagian perempuan hamil.

Rasa sensitif terhadap bau ini merupakan salah satu akibat dari meningkatnya hormon yang ada di dalam tubuhmu. Kamu tentu tahu bahwa di dalam tubuhmu terdapat banyak jenis hormon. Nah, salah satu jenis hormon itulah yang membuat rasa sensitifmu pada bebauan tertentu juga ikut meningkat.

Sayangnya, tak banyak yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ciri-ciri hamil yang satu ini. Satu-satunya hal yang paling mudah adalah dengan menghindari bebauan tersebut, khususnya bau rokok, karena bau ini juga tidak baik untuk kesehatanmu dan janinmu.

Tanda-Tanda Hamil: Ngidam, Siapa Takut?

© Shutterstock

Fenomena ngidam sudah banyak diketahui sebagai ciri-ciri yang sering dialami perempuan hamil. Ngidam sendiri seringkali diartikan sebagai keinginan untuk makan sesuatu yang tidak biasa. Tidak sedikit perempuan yang mengalami masalah dengan ngidam. Hal ini karena seringkali wanita ngidam menginginkan makanan-makanan yang sulit didapatkan.

Faktanya, ngidam tidak hanya keinginan untuk makan, tapi untuk beberapa kasus, keinginan untuk menghindari makanan tertentu. Menurut pakar kesehatan, ngidam juga berarti kamu akan mengalami rasa tidak nyaman untuk makan makanan tertentu. Bahkan, mencium makanan tertentu saja bisa membuat mual dan ingin muntah.

Menurut banyak ahli kandungan, fenomena ngidam ini hormonal dan sulit untuk dikendalikan. Karena hormonal, banyak yang kesulitan untuk mengetahui kapan dan makanan apa yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan untuk ngidam tersebut, moms.

Selain itu, setiap fase ngidam itu unik karena biasanya makanan tertentu tidak akan menjadi sasaran ngidam lebih dari satu kali, bahkan dalam kehamilan yang berbeda sekalipun. Banyak yang menganggap sebuah fase ngidam tidak akan terulang lagi. Hal inilah yang membuat ngidam sangat penting untuk dipenuhi. Karena kalau tidak, kemungkinannya kamu tidak akan merasakannya lagi.

Tanda-Tanda Hamil: Progesterone dan Image Tubuh

© Shutterstock

Produksi hormon adalah sebuah perubahan yang dialami oleh tubuh ketika anda memasuki masa kehamilan. Kehamilan berarti tubuh akan memproduksi hormon-hormon yang akan mempersiapkan tubuhmu untuk menerima kedatangan buah hati. Ciri-ciri hamil yang berhubungan dengan hormon adalah meningkatnya produksi progesterone tubuh.

Efek samping dari meningkatnya produksi hormon progesterone tubuh adalah kamu akan merasa ‘bengkak’. Kalau kamu merasa tubuhmu membesar, sebenarnya hal itu terjadi akibat efek samping hormon progesterone yang diproduksi tubuh untuk membantu tubuh menjalani masa kehamilan, moms.

Banyak perempuan tidak percaya diri dengan penampilannya akibat tubuh yang membesar. Namun, image ini sebenarnya hormonal saja. Tubuhmu memang bertambah besar akibat adanya individu yang lain yang sedang tumbuh di dalamnya, tapi produksi hormon yang meningkat juga memengaruhi caramu berpikir pada masa ini.

Secara tidak langsung, produksi dari hormon kehamilan yang satu ini juga menurunkan aktivitas pencernaan dan mengurangi kerja hormon lain, termasuk hormon pencernaan. Progesteron akan menyebabkan kecepatan perut anda mencerna makanan menurun, Moms. Makanan akan tersimpan lebih lama dalam tubuh, dan wajar kalau kamu merasa tubuh membengkak.

Tanda-Tanda Hamil: Seberapa Serius Mood Swing Kamu?

© Shutterstock

Hormon adalah pengendali saat kamu7 memasuki masa kehamilan. Salah satu ciri-ciri hamil yang terjadi akibat hormon, salah satunya adalah mood swing. Mood yang gampang berubah ini merupakan hal yang bisa dengan mudah menyerang perempuan pada masa kehamilan.

Mudah marah? Sedikit-sedikit tersinggung? Gampang terharu? Hal ini adalah beberapa hal yang akan kamu alami di masa kehamilan. Moody? Hal ini juga merupakan pengaruh hormonal. Meski tidak berbahaya, hal ini bisa membuatmu kesulitan berinteraksi dengan orang-orang di sekitar, termasuk pasangan. Lebih parahnya, kamu bahkan mungkin tidak akan menyadarinya.

Moody adalah efek samping dari tubuh yang tengah menyesuaikan dengan peningkatan produksi dari hormon-hormon kehamilan. Hormon-hormon kehamilan yang diproduksi oleh tubuh untuk mempersiapkan kandungan serta membantu janin untuk tumbuh ini, secara tidak langsung akan mempengaruhi neuro-receptor dari otak, terutama yang memengaruhi emosi.

Secara psikologis, efek yang diberikan oleh hormon-hormon kehamilan sebenarnya tidak akan menyebabkan masalah terhadap tubuh maupun kehamilan. Akan tetapi, pada beberapa kasus, mood swing yang dialami akan terus meningkat dan akan bertambah intensitasnya. Namun jangan khawatir, karena biasanya mood swing akan mencapai titik puncaknya ketika produksi hormon pada puncaknya pula, yaitu pada trimester pertama.

Tanda-Tanda Hamil: Eneg Pada Makanan, Salah Satunya Kah?

© Shutterstock

Di masa awal kehamilan, kamu akan mengalami rasa eneg yang tiba-tiba muncul pada beberapa jenis makanan tertentu yang dahulunya mungkin sangat kamu sukai. Setelah kamu tahu bahwa kamu sedang hamil, kamu mungkin merasa mual setiap kali anda mencium bau makanan yang menyengat.

Mual yang kamu rasakan ini bisa berakhir dengan muntah jika tidak sesegera mungkin menghindar dari makanan yang membuat mual tersebut. Hal ini, disebabkan oleh adanya penambahan salah satu jenis hormon yang ada di dalam tubuhmu, beta hCG. Ketika kamu hamil, hormon ini memang meningkat jauh lebih cepat dari sebelumnya.

Tanda-Tanda Hamil: Sakit Kepala

© Shutterstock

Salah satu hal yang akan kamu alami ketika sedang hamil adalah rasa pusing. Perubahan produksi hormon akan memengaruhi semua bagian tubuh, termasuk kepala, yang bisa menjadi awal dari gejala pusing-pusing yang kamu rasakan selama hamil. Pusing bisa jadi adalah sebuah hal yang mengganggu, tapi kamu tidak akan bisa menghindarinya.

Pusing yang menyerang selama kehamilan adalah akibat dari hormon. Produksi hormon kehamilan, semisal estrogen dan progesterone, akan meningkat selama kehamilan. Peningkatan produksi hormon akan mengakibatkan ketidakseimbangan yang memengaruhi pembuluh darah pada kepala.

Pembuluh darah akan melebar karena tekanan darah yang meningkat, membuat darah mengalir lebih cepat dan pembuluh darah akan menekan otot dan syaraf kepala. Penekanan pada syaraf dan otot kepala inilah yang akan memicu seorang perempuan hamil mengalami pusing-pusing yang bisa menyerang kapan saja.

Tanda-Tanda Hamil: Bersahabat Dengan Kamar Mandi

© Shutterstock

Saat hamil, kamu akan sering merasakan harus ke kamar mandi karena tidak bisa menahan keinginan buang air kecil. Selama masa kehamilan, tubuh akan menggunakan lebih banyak cairan dalam proses metabolisme. Tubuh pun perlu lebih sering mengeluarkan sisa-sisa cairan yang menyebabkan kamu harus sering ke kamar mandi untuk mengosongkan saluran air seni.

Selain itu, seiring dengan usia kehamilan, janin akan semakin besar, dan rahim akan menekan organ-organ tubuh yang lain, termasuk saluran air seni. Semakin menyempit ruangan untuk menyimpan air seni, semakin sulit untuk menahan buang air kecil setiap kali kamu perlu melakukannya, moms.

Untuk beberapa perempuan, hal ini bisa membuat tidak nyaman dan sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan, kamu akan harus sering bangun di malam hari untuk buang air kecil. Tentunya, hal ini akan mengurangi waktu tidur dan istirahat, yang seharusnya penting untuk dimiliki ketika kamu hamil.

Tanda-Tanda Hamil: Terganggu dengan Morning Sickness

© Shutterstock

Morning sickness adalah salah satu ciri-ciri hamil yang biasanya dialami oleh seorang perempuan. Morning sickness bisa jadi bukanlah tanda-tanda dari kehamilan yang ingin dialami oleh ibu hamil, tapi morning sickness seperti menjadi hal ‘wajib’ yang harus kamu jalani, moms.

Morning sickness akan mulai menyerang perempuan hamil ketika memasuki minggu keenam. Pada minggu ini, produksi hormon estrogen dan progesterone akan meningkat sangat pesat, dan menyebabkan kamu mengalami morning sickness.

Dinamai morning sickness karena seringkali menyerang ketika kamu bangun pagi atau dini hari. Rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh perutmu adalah efek dari produksi hormon kehamilan yang meningkat dan membuat proses pencernaan terganggu.Meskipun namanya morning sickness, rasa mual dan ingin muntah yang menyerang perempuan yang tengah mengandung ini tidak hanya menyerang di pagi hari lho, moms.

Morning sickness bisa menyerang kapan saja, baik itu di pagi hari, siang hari, maupun malam hari. Salah satu cara untuk menghadapi morning sickness adalah mempersiapkan makanan kecil seperti crackers atau minuman hangat, semisal wedang jahe yang akan membantu menghangatkan perut.

Tanda-Tanda Hamil: Perubahan Payudara

© Shutterstock

Kehamilan bisa dilihat dengan berbagai metode, dan bagian-bagian tubuh akan menunjukkan bahwa dalam perutmu ada janin yang sedang tumbuh. Salah satu bagian tubuh yang paling sensitif kalau bicara mengenai kehamilan adalah payudara. Perubahan pada payudara adalah ciri-ciri hamil yang paling jelas.

Payudara memiliki peran penting dalam kehamilan dan juga dalam memberikan buah hati apa yang dibutuhkannya selepas proses persalinan, yaitu air susu ibu. Payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang akan memperoleh sinyal dan mengalami perubahan terlebih dahulu ketika kamu memasuki masa kehamilan.

Volume payudara akan bertambah di masa kehamilan. Kamu akan melihat perubahan yang signifikan pada berat dan ukuran payudara, karena payudara juga sedang bersiap-siap untuk menyambut buah hati anda dengan air susu ibu berkualitas.

Perubahan ini bukan tanpa masalah lho, moms. Payudara yang bertambah besar dan berat berarti juga nyeri, terutama ketika harus mengenakan bra yang menjadi terlalu kecil. Selain itu, kamu juga akan merasakan sakit punggung akibat harus menyangga beban yang lebih berat dari payudara.

Tanda-Tanda Hamil: Capek yang Amat Sangat

© Shutterstock

Salah satu ciri pada perempuan hamil adalah rasa lelah yang berkali lipat ketimbang biasanya. Rasa lelah ini adalah salah satu ciri ibu hamil yang paling biasa terjadi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir, moms.

Hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa lelah ini tentunya adalah dengan banyak-banyak beristirahat. Jika tubuh memintamu untuk mengistirahatkan kinerjanya sejenak, turutilah. Dengan mendengarkan apa yang dimaui oleh tubuh, akan dapat membantu kandunganmu untuk selalu sehat dan juga kuat.

Tanda-Tanda Hamil: Mual dan Muntah Paling Banyak Terjadi

© Shutterstock

Salah satu ciri saat kamu sedang mengandung, biasanya kamu akan mengalami mual dan muntah. Sebenarnya, mual dan muntah yang kamu rasakan ini bisa menjadi tanda yang baik untuk kehamilan. Hal ini mengindikasikan bahwa hormon beta-hCG semakin naik tingkatannya dalam tubuhmu.

Naiknya hormon yang satu ini merupakan tanda bahwa kandungan semakin tumbuh besar. Oleh karena itu, mulai sekarang berusahalah menikmati setiap perubahan dan ciri-ciri hamil yang kamu rasakan. Jika merasa sedikit terganggu, kamu bisa mengatasinya dengan menurunkan porsi makan dan lebih sering ngemil.

Tanda-Tanda Hamil: Sakit Punggung di Masa Kehamilan

© Shutterstock

Mengalami sakit punggung mungkin saja terjadi di luar kehamilan dan bukan salah satu ciri ciri hamil. Namun, banyak perempuan yang mengaku mengalami sakit punggung selama hamil dan hanya selama hamil saja. Wah, kenapa bisa begitu ya, moms?

Menurut ahli kandungan, beban tambahan yang diberikan oleh kehamilan pada tubuh akan menyebabkan kamu merasa jauh lebih mudah lelah ketika beraktivitas. Beban tambahan ini akan sepenuhnya ditanggung oleh punggung dan pinggang. Hal inilah yang menyebabkan kamu merasakan sakit punggung dan nyeri pinggang.

Beban yang dialami oleh tubuh tentunya akan membuat otot-otot bekerja lebih keras, terutama pada masa kehamilan di mana tubuh sendiri sebenarnya berkurang staminanya. Beban berat selama aktivitas, ditambah dengan gaya gravitasi tentunya menyebabkan masalah ini pada tubuh anda.

Untuk membuat tubuh lebih nyaman, selama kehamilan tubuh akan memproduksi hormon relaxant. Akan tetapi, hormon yang satu ini memiliki efek samping yaitu akan membuat sendi-sendi melemah. Pengaruhnya pada tubuh adalah kamu akan gampang keseleo dan otot-otot akan gampang pegal ketika beraktivitas.

Perubahan pada pusat berat tubuh pada saat hamil tentunya perlu membuatmu jauh lebih berhati-hati ketika beraktivitas bukan, moms. Jangan sampai kamu mengalami masalah saat mengandung ya. Mengurani aktivitas dan beristirahat setiap kali merasa lelah adalah sebuah tindakan yang tepat.

Tanda-Tanda Hamil: Nafas Pendek-Pendek, Mungkinkah Kamu Hamil?

© Shutterstock

Moms, apa petunjuk pertama yang memberi tahu bahwa dalam perut anda saat ini sedang tumbuh calon buah hati anda? Kehamilan pasti menunjukkan tanda-tandanya ketika terjadi pada anda. Namun, ciri-ciri hamil apa yang pertama memberi tahu anda?

Apakah anda jadi gampang lelah? Nafas anda habis hanya untuk beraktivitas ringan seperti mengerjakan tugas rumah tangga atau bersih-bersih? Bisa jadi anda tengah memasuki masa kehamilan , Moms. Menurut parenting.com, salah satu ciri-ciri hamil pertama yang terjadi pada seorang wanita adalah gampang kehabisan nafas.

Lalu, kenapa begitu? Menurut ahli kandungan, fetus atau janin juga membutuhkan oksigen. Ketika anda hamil, tubuh anda mulai membagi kebutuhan oksigen yang anda hirup untuk anda dan buah hati anda. Tentunya hal ini juga yang menyebabkan anda gampang kehabisan nafas dan perlu sering beristirahat ketika beraktivitas.

Oksigen yang penting untuk metabolisme tubuh anda akan anda bagi dengan calon buah hati anda, bahkan ketika kandungan anda masih berusia muda atau ketika anda baru memasuki trimester pertama. Kandungan yang sehat perlu oksigen yang cukup untuk metabolisme dan pertumbuhan dan tubuh anda tahu untuk tidak memonopoli intake oksigen tubuh.

Gampang kehabisan nafas ini akan terus anda alami selama periode kehamilan, Moms, dan akan bertambah parah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan anda. Jadi, akan lebih baik apabila anda mulai mengurangi aktivitas anda ketika anda mengalaminya.

Nah, itu tadi 13 hal yang merupakan tanda-tanda kehamilan, moms. Apapun itu, kamu harus siap menerima setiap perubahan dan masalah yang timbul pada tubuh di masa kehamilan ini. Dibawa happy saja, karena apa yang menanti di depan sana bakal bikin kamu happy sepanjang hidup. Well, selamat menantikan buah hati!

(vem/dew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading