Sukses

Parenting

Serba-Serbi Trimester 1 Kehamilan, Moms Wajib Tahu!

Hal yang paling diinginkan pasangan menikah pada umumnya, tentu saja hadirnya buah hati. Banyak moms yang langsung hamil bahkan hanya dalam sebulan pernikahan, tapi tak jarang juga ada yang harus menanti bertahun-tahun.

Kehamilan memang momen yang dinantikan. Nah, jika moms terlambat haid hingga dua minggu, coba cek menggunakan testpack. Jika hasilnya strip dua, selamat! Namun jika ternyata masih negatif, moms bisa langsung periksa ke dokter.

Well, minggu-minggu pertama kehamilan memang terkadang tidak ada yang terasa aneh, karena tanda-tandanya hampir sama seperti gejala pra menstruasi. Karenanya, moms harus tahu apa saja sih yang terjadi di trimester 1 kehamilan.

Kram Perut

Salah satu tanda yang sulit dikenali adalah kram perut. Beberapa hari setelah moms mulai hamil, telur yang baru saja dibuahi akan menempel pada dinding uterus, yang akan menyebabkan rasa nyeri seperti kram di perut.

Pendarahan Implantasi

Telur yang telah dibuahi bergerak melalui saluran telur menuju rahim, masuk ke dalam dinding rahim. Saat itu terjadi, jaringan yang terbentuk di sekitar telur, yang dikenal dengan sebutan trofoblas, bisa merusak sejumlah pembuluh darah di dalam rahim. Akibatnya keluarlah sedikit darah dari leher rahim yang kemudian merembes turun ke vagina.

Keluar Cairan dari Vagina

Keluarnya cairan kental dari vagina yang menandai proses menebalnya dinding vagina. Jika moms merasakan gatal atau panas pada vagina ketika proses ini berlangsung, segera hubungi dokter untuk menghindari kemungkinan infeksi bakteri.

Perubahan di Sistem Pencernaan

Orang yang hamil bisa mengalami morning sickness di trimester pertama. Hal ini meliputi sakit kepala, mual, dan muntah-muntah. Bahkan bisa juga menyebabkan konstipasi dan lebih peka terhadap bau. Tapi pada dasarnya hal ini bisa berbeda pada setiap wanita, tergantung dari perubahan hormon yang terjadi.

Rasa Letih yang Luar Biasa

Saat hamil, tubuh memiliki kadar gula darah dan tekanan darah yang rendah. Tubuh juga memproduksi darah lebih banyak dari biasa. Dan hormon-hormon dalam tubuh, seperti progesteron bisa menyebabkan tubuh terasa letih luar biasa.

Mood yang Naik Turun

Suasana hati dan mood-mu naik turun. Kadang bisa tersinggung atau bahkan marah tanpa alasan jelas. Perubahan hormon dalam tubuh bisa mempengaruhi neurotransmiter yang bisa membuat mood jadi lebih sulit dikendalikan.

Lebih Sering Buang Air Kecil

Perubahan hormon dalam tubuh bisa menyebabkan darah mengalir lebih cepat di dalam tubuh. Salah satu akibatnya, frekuensi buang air kecil jadi meningkat.

Payudara Terasa Nyeri

Coba cek payudaramu. Apakah terasa nyeri atau lebih padat dari biasanya? Sensasinya bisa dibilang agak mirip ketika kamu akan haid. Penyebabnya tak lain adalah karena perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh.

Morning Sickness

Memasuki minggu kedua kehamilan, keluhan yang biasa terjadi adalah morning sickness. Ini merupakan dampak dari meningkatnya hormon estrogen dalam tubuh, akibat proses pembuahan yang baru saja terjadi di akhir minggu pertama.

Morning sickness jangan dibiarkan begitu saja nih, moms. Dari kasus yang sudah banyak terjadi, morning sickness yang tidak segera diatasi menyebabkan moms jadi malas mengonsumsi makanan sehat. Padahal pada usia kehamilan 2 minggu, janin membutuhkan banyak asupan nutrisi agar lebih stabil.

Untuk meredakan morning sickness ada beberapa bahan yang bisa dikonsumsi dengan cara mengolahnya jadi minuman segar, antara lain:

  • Lemon
  • Jahe
  • Teh herbal

Apa lagi yang harus diperhatikan pada trimester pertama kehamilan? Moms bisa cek juga artikel-artikel lengkap dalam link berikut ini:

TRIMESTER PERTAMA KEHAMILAN

Well, congrats atas kehamilannya, moms! Semoga semuanya lancar hingga hari kelahiran ya.

(vem/dew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading