Sukses

Parenting

Jangan Panik, Berikut Tips Atasi Kaki Kram Saat Hamil

Masa kehamilan memang penuh dengan kejutan. Tidak heran jika saat hamil adalah momen yang selalu dirindukan. Mulai dari mual saat mencium aroma tertentu, cepat lelah, susah tidur hingga kaki yang kram. Nah, kaki kram ini memang seringkali mengganggu karena dapat mengganggu aktivitas.

Kaki kram biasa terjadi saat usia kehamilan sudah mencapai trimester kedua. Selain membuat mom mudah lelah, kaki kram juga dapat mengurangi kualitas tidur. Salah satu penyebab kaki kram adalah kurangnya kalsium, magnesium dan potassium menjadi penyebab kram otot. Selain itu besarnya perut saat hamil juga mempengaruhi kram pada kaki saat hamil.

Ada beberapa cara untuk mengatasi kaki kram saat hamil, di antaranya adalah seperti di bawah ini. Simak penjelasannya dari vemale.

  • Saat kaki mulai kram , cobalah untuk meluruskan kaki perlahan-lahan. Cara ini dapat membantu melancarkan peredaran darah.
  • Mengompres bagian kaki yang kram dengan air hangat, atau botol hangat.
  • Mom juga dapat memijat lembut dan melakukan rilaksasi dengan melenturkan telapak kaki ke arah dalam dan luar.
  • Untuk melancarkan peredaran darah, mom dapat berjalan perlahan.
  • Agar terhindar dari masalah kram kaki saat hamil, sering-seringlah mengkonsumsi pisang. Pisang mengandung mineral potassium yang menurut Mayo Klinik, dapat mengurangi gejala kram otot.

Selain tips mengatasi kaki kram di atas, mom juga dapat melakukan tindakan pencegahan menghindari kaki kram saat hamil. Pastikan mom untuk tidak terlalu lelah dan coba untuk tidur dengan posisi miring ke kiri yang diyakini dapat memperlancar peredaran darah dari dan ke kaki.

Menjalani kehamilan dengan menyenangkan dapat membantu mom lebih relaks. Semoga informasi ini bermanfaat ya dan masalah kram kaki saat hamil pun dapat teratasi dengan baik.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading