1. VEMALE
  2. /
  3. KEHAMILAN

Perut Gatal Saat Hamil, Benarkah Karena Si Kecil Sedang Tumbuh Rambut?

Rabu, 11 Juli 2018 14:00 Penulis: Ayu Puji Lestari
Perut Gatal/copyright unsplash.com/@paullin1210

Vemale.com - Mom, mitos dan fakta saat hamil seringkali membuat bingung. Seperti alasan mengapa perut terasa gatal saat hamil. Banyak mitos mengatakan jika perut akan gatal saat janin tumbuh rambut. Hmm, benakah mitos tersebut?

Saat hamil memang tubuh seringkali mengalami perubahan. Dari yang sepele hingga serius. Salah satunya adalah saat hamil perut jadi mudah gatal. Gatal pada perut ini biasa terjadi saat masuk trimester 2-3. Hal ini karena perut semakin besar dan kulit di sekitar perut menjadi tertarik. Kulit yang mengalami peregangan dengan cepat akan terasa gatal. Pada beberapa wanita, telapak tangan dan kaki pun terasa gatal juga.

Selain itu kelembapan kulit perut pun berkurang. Jadi gatal di perut saat hamil tidak ada hubungannya dengan mitos rambut si kecil yang tumbuh. Nah, bagaimana cara untuk mengurangi rasa gatalnya? Karena menggaruknya terlalu keras dapat menyebabkan stretchmarks yang mengganggu.

Untuk menyiasati kulit perut yang gatal pastikan mom menjaga kulit perut agar tetap lembap. Mom bisa menggunakan lotion atau minyak zaitun. Mengonsumsi air putih yang cukup juga dapat membantu melembapkan kulit perut. Carilah sabun dengan pelembab dan tanpa wewangian. Pada beberapa orang yang sensitif, wewangian justru membuat kulit menjadi kering. Hindari menggaruknya karena dapat menyebabkan iritasi yang berbahaya bagi kesehatan kulit, mom.

Apakah perlu ke dokter? Beberapa ibu hamil mengalami masalah ini cukup serius. Jika memang parah, bisa jadi rasa gatal ini dikarenakan psoriosis dan eczema atau salah satu jenis penyakit kulit. Rasa gatal ini juga dapat menyebabkan mual dan kehilangan selera makan. Jika hal ini terjadi ada baiknya mom segera menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang baik.

Sabar ya, Mom. Sebentar lagi mom akan bertemu dengan si kecil. Jadi rasa gatal pun akan berkurang. Nikmati setiap momennya, semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
#KapanLagiBattle - Chelsea Islan, Karina Suwandi & Ruth Marini