Sukses

Parenting

5 Hal yang Perlu Mom Waspadai Pada Masa Nifas

Setelah mom melahirkan, maka mom akan berada pada masa nifas. Masa ini adalah masa setelah persalinan, di mana bentuk dan fungsi tubuh mom akan kembali seperti masa sebelum kehamilan. Nah, masa nifas ini biasa terjadi dengan rentang waktu 4-6 minggu setelah persalinan.

Masa nifas membutuhkan perawatan khusus, bila tidak diperhatikan masa nifas ini bisa berbahaya bagi keselamatan ibu melahirkan. Apa saja hal yang perlu mom waspadai saat dalam masa nifas? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Terjadinya Infeksi

Saat masa nifas, tubuh mom akan mudah terkena infeksi. Masalah infeksi ini bisa terjadi pada rahim, infeksi panggul, infeksi perineum dan abses adneksa. Jika dibiarkan, maka infeksi ini berbahaya bagi keselamatan mom.

Selain itu saat masa nifas, payudara juga akan rawan mengalami infeksi. Payudara akan mengalami sakit dan mengeluarkan nanah dan nyeri.

2. Terjadi Pendarahan Pada Vagina

Pendarahan melalui vagina seringkali disebut dengan Hemoragi Post Partum, hal ini dapat menyebabkan anemia pada ibu. Hemoragi Post Partum, ini bisa disebabkan karena trauma pada saat proses persalinan. Konsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup untuk mengurangi risiko ini.

3. Kelainan Pada Payudara

Setelah melahirkan, umumnya payudara akan mengalami keluhan. Payudara akan terasa penuh dan sakit. Hal ini disebabkan terjadinya penumpukan ASI. Kompres dengan air dingin untuk mengurangi rasa sakitnya dan mengurangi rasa nyeri.

4. Sakit Kepala dan Suhu Tubuh yang Meningkat

Sakit kepala umum terjadi saat hamil, namun jika keadaan ini terus berlanjut setelah melahirkan maka hal ini perlu diwaspadai. Mom, harus segera memeriksakan ke dokter. Suhu tubuh pun semakin meningkat setelah hari pertama melahirkan, namun jika suhu semakin meningkat mom perlu mengkhawatirkan keadaan ini.

5. Munculnya Postpartum Blues

Postpartum Blues adalah sindrom yang biasa menyerang ibu setelah melahirkan. Perasaan tidak nyaman dan gelisah. Postpartum Blues juga menyebabkan mom menjadi kurang percaya diri. Bila sampai pada tahap yang akut, ibu bahkan tidak ingin melihat bayinya sendiri. Kondisi ini dapat membahayakan keselamatan jiwa mom dan juga si kecil.

Mom, demikian 5 hal yang perlu diwaspadai saat masa nifas. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Dan selamat menjalani masa nifas dengan aman dan nyaman.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading