Sukses

Parenting

Mom, Pahami Siklus Haid Setelah Melahirkan Ya!

Menstruasi atau haid umum dialami setiap bulan oleh perempuan. Saat hamil, perempuan berhenti menjalani siklus bulanan ini. Hmm, lalu bagaimana dengan siklus haid setelah melahirkan? Setelah melahirkan mom, akan mengalami masa nifas setelah persalinan sekitar 6 hingga 8 minggu. Beberapa minggu setelah nifas, haid bisa langsung terjadi.

Namun siklus haid setelah melahirkan ini sangat tergantung dengan konsisi mom. Jika mom menyusui secara eksklusif, kemungkinan haid mom akan tertunda. Penyebabnya, karena hormon menyusui yang sangat aktif dan akan menghambat kerja hormon yang memicu haid. Siklus haid akan berantakan saat mom menyusui.

Lalu Kapan Siklus Haid Kembali Normal?

Menurut Dr Janfrional durasi menstruasi setelah melahirkan bisa mencapai 18-24 bulan pasca melahirkan jika Ibu menyusui ASI dengan intensitas yang sangat tinggi. Hal yang mempengaruhi durasi datangnya menstruasi setelah melahirkan ini adalah hormon progesteron dan hormon prolaktin. Sedangkan faktor utama penyebab gangguan menstruasi adalah ketidak-seimbangan hormon.

Siklus haid akan menjadi, 24, 28 hingga 35 hari. Namun, siklus ini akan kembali normal setelah mom selesai menyusui secara eksklusif. Banyak yang menganggap, jika menyusui menandakan aman dari kehamilan. Faktanya, kehamilan bisa terjadi bahkan saat ibu belum kembali haid setelah melahirkan. Jadi penting untuk melakukan testpack secara teratur.

Nyatanya banyak yang tetap hamil setelah persalinan, bahkan ada beberapa kejadian yang sudah hamil setelah 6 minggu melahirkan. Jadi, jangan mengandalkan menyusui sebagai alat kontrasepsi yang alami ya mom.

Mom, demikian siklus menstruasi yang akan dialami oleh ibu setelah melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading