1. VEMALE
  2. /
  3. KEHAMILAN

Cukupi Nutrisi Selama Hamil Cegah Anak Terlahir Pendek

Kamis, 05 Juli 2018 15:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Mencegah stunting/copyright Pixabay.com/jakobking85

Vemale.com - Selama kehamilan, Moms harus menjaga nutrisi makanan agar janin berkembang dengan sehat. Ibu perlu tahu bahwa ada bahaya stunting (kekurangan gizi kronis pada anak) yang bisa mengancam kesehatan pertumbuhan anak yang sehat. Stunting bisa mengakibatkan anak terlahir pendek.

Dilansir dari Liputan6.com, salah satu inovasi pangan lokal, disampaikan oleh Deputi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Tri Nuke Pudjiastuti, berusaha mencegah stunting, dengan memanfaatkan teknologi pangan saat mengolah makanan setempat.

"Sebenarnya kami belum melakukan penelitian khusus soal stunting. Kami baru penelitian tentang inovasi pangan lokal. Ternyata inovasi pangan secara tidak langsung mencegah stunting," jelas Nuke di sela-sela acara Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) XI di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Makanan tersebut adalah sagu. Sumber pangan lokal dari Papua ini bisa dikreasikan dalam bentuk makanan yang lebih menarik dengan penambahan zat gizi mikro nutrien yang disebut fortifikasi pangan. Cara ini diyakini efektif mencegah stunting. Contoh fortifikasi yakni penambahan vitamin A pada minyak goreng.

Dengan kata lain, makanan yang kurang gizi akan lebih bergizi sehingga bisa mencegah stunting pada anak. Selalu pastikan gizi cukup selama hamil ya Moms agar kandungan sehat dan anak tidak lahir pendek.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Suka Unggah Caption Lucu, Apa Alasan Ferry Salim?