Sukses

Parenting

Perhatikan Tanda Depresi Setelah Melahirkan Agar Tak Berakibat Fatal

Setelah melahirkan, tentu banyak sekali perubahan yang dialami oleh seorang ibu. Tak sedikit ibu yang sampai mengalami depresi pasca melahirkan. Ini ternyata karena adanya perubahan hormon. Jika tak segera diatasi, ini akan mengakibatkan depresi hebat (baby blues syndrome) pada ibu.

Penyebab depresi setelah melahirkan ini sangat banyak Ladies, ada yang dikarenakan kondisi hormon, lingkungan yang tak mendukung atau kurangnya komunikasi dengan pasangan. Kemarahan yang dialami oleh ibu secara terus-menerus jadi tanda utama depresi pasca melahirkan ini. Kondisi ini pun bakal menimbulkan dampak pada ibu, anak, dan keluarga.

Ibu juga sering merasa depresi karena merasa tak berguna. Selain itu, ekspektasi dan realita yang tak sesuai dengan harapannya membuat ibu menjadi marah pada dirinya sendiri. Lingkungan yang menghakimi, pasangan yang kurang kooperatif, serta luka nyeri setelah melahirkan juga bisa jadi faktor lain penyebab depresi.

Jika seorang ibu merasakan kemarahan luar biasa, disertai perasaan tak percaya diri dan tak berguna, setelah melahirkan, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading