Sukses

Parenting

Mengapa Wanita Mudah Ngompol Setelah Melahirkan?

Setelah melahirkan, perempuan akan mengalami beberapa perubahan pada tubuh mereka. Nah, salah satu hal yang sering dikeluhkan adalah kebocoran urine yang tak disengaja. Hal ini disebut juga dengan inkontinensia urine. Nah, mengapa hal ini bisa terjadi?

Fisioterapis Senior dari Departemen Rehabiliasi di Rumah Sakit Anak dan Wanita KK yang merupakan anggota kelompok Singapore Health, Caroline Chua, mengatakan, inkontinensia urine ini disebabkan oleh melemahnya otot dasar panggul setelah melahirkan. Otot dasar panggul ini memang jadi melemah saat melahirkan atau saat perempuan mengalami kenaikan berat badan.

"Inkontinensia urine bisa juga disebabkan oleh perubahan sistem hormonal perempuan selama hamil dan menopause," kata Caroline, seperti yang dilansir oleh HealthXChange.

Nah, masalah ini bisa diatasi dengan cara mempertahankan dasar panggul yang kuat dengan melakukan latihan dasar panggul atau latihan kegel. Otot panggul sendiri gunanya adalah untuk mendukung organ panggul dan memiliki fungsi dalam mengendalikan kandung kemih dan usus.

Bagi ibu yang baru melahirkan dan mengalami masalah ini bisa banget menghubungi ahlinya dan mendapatkan arahan untuk melakukan senam yang benar agar bebas dari inkontinensia urine.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading