Sukses

Parenting

Manfaat Senam Kegel Setelah Melahirkan: Cegah Penyakit Berbahaya

Selama ini senam kegel dianggap sebagai salah satu cara untuk membuat kehidupan seks makin menyenangkan. Well, nyatanya senam yang satu ini bermanfaat setelah melahirkan lho Ladies.

Inkontinensia urine paling sering menyerang perempuan usai melahirkan. Guna terhindar dari masalah kesehatan satu ini, Fisioterapis Caroline Chua, menyarankan, perbanyak latihan kegel. Senam kegel ini membantu mempertahankan dasar panggul yang kuat dan dapat mencegah inkontinensia urine.

Inkontinensia urine bisa terjadi karena melemahnya otot dasar panggul, yang terjadi saat melahirkan. Dan latihan dasar panggul atau kegel, membantu mereka menguatkan otot dasar panggul yang terlihat tapi terasa kerjanya. Latihan kegel ini memang sengaja dirancang untuk melatih refleks sehingga dasar panggul bisa bereaksi terhadap situasi yang cepat.

Sebaiknya meminta bantuan pakar senam yang mengerti gerakan senam kegel dengan benar karena ada beberapa gerakan yang rasanya sulit jika tidak diarahkan dengan benar. Seperti misalnya, jangan gunakan otot perut, pantat, dan paha bagian dalam saat melakukan kegel. "Penting juga untuk bernapas secara normal saat Anda sedang berolahraga dasar panggul ini," katanya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading