Sukses

Parenting

Hamil dan Berencana Mudik dengan Pesawat, Pahami Aturannya Mom!

Mom, pernah tidak terlintas pertanyaan apakah ibu hamil boleh naik pesawat? Hmm, tentu saja boleh. Nah, minggu terakhir menjelang mudik lebaran kali ini apakah sudah memutuskan akan mudik menggunakan transportasi apa? Well, pesawat seringkali menjadi pilihan karena lebih cepat juga praktis. Namun, jika mom sedang hamil tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi.

Setiap maskapai penerbangan memiliki syarat yang berbeda dalam memberlakukan penumpang yang hamil. Nah, agar tidak bingung dan batal mudik karena tidak memperhatikan syarat naik pesawat bagi ibu hamil ada baiknya mom memperhatikan hal ini.

  1. Pastikan mom memiliki surat rekomendasi terbang dari Dokter yang berlaku 7 (tujuh) hari sejak tanggal dikeluarkan. Serta, mengisi surat pernyataan yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan.
  2. Untuk usia kehamilan 28-34 minggu, mom diwajibkan menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas dan menyertakan surat keterangan medis dari dokter. Tanggal yang tercantum di surat keterangan ini tidak boleh melebihi 30 hari sejak tanggal keberangkatan maupun kepulangan.
  3. Jika usia kehamilan 32 hingga 35 minggu maka mom hanya boleh melakukan penerbangan tidak lebih dari 3 jam (180 menit).

Nah, agar perjalanan mom menyenangkan perhatikan hal-hal berikut untuk membuat mudik lebaran aman dan menyenangkan.

  • Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Berawal dari pakaian dan sepatu yang tidak nyaman bisa membuat perjalanan mudik akan sangat menyiksa.
  • Pilih penerbangan pagi atau malam hari, karena akan lebih nyaman.
  • Duduk di dekat lorong akan lebih memudahkan mobilitas dan tidak mengganggu penumpang lain.
  • Saat hamil, kaki mudah kram jadi pastikan mom untuk serring menggerakkan kaki.
  • Perbanyak minum agar terhindar dari dehidrasi.
  • Saat mudik pastikan mom membawa sedikit barang saja, jangan memaksakan diri membawa barang terlalu banyak.

Well, selamat mempersiapkan mudik ya mom. Semoga perjalanannya menyenangkan. Mom, memiliki tips lainnya? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading