Sukses

Parenting

8 Hal yang Perlu Mom Perhatikan Saat Menunggu Proses Pembukaan

Mom, setelah 9 bulan mengandung maka sampailah pada momen menegangkan yaitu proses persalinan. Bagi ibu yang sudah memasuki bulan melahirkan, maka sebaiknya mempersiapkan diri. Saat akan melahirkan ada proses kontraksi atau pembukaan, yang dimulai dari pembukaan 1 hingga 10.

Dibutuhkan waktu yang lama pada masing-masing pembukaan. Saat mengalami kontraksi awal sebaiknya mom tetap relaks karena proses pembukaan ini membutuhkan waktu yang lama. Pada wanita yang hamil anak pertama biasanya akan merasakan kontraksi hingga proses persalinan pada rentang waktu 5 hingga 10 jam, bahkan lebih. Karena butuh waktu yang lama, maka sebaiknya saat pembukaan mom dapat melakukan beberapa aktivitas seperti biasa.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa mom lakukan untuk membuat persalinan menjadi lebih lancar dan agar mom memiliki tenaga yang lebih saat proses persalinan. Yuk, simak tips dari vemale di bawah ini.

  1. Pada pembukaan awal 1-3 mom tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Lakukan hal yang menyenangkan agar mom tetap berpikir positif dan bersikap tenang.
  2. Perbanyak istirahat dan minum air putih yang cukup, hal ini dapat membantu mom terhindar dari dehidrasi.
  3. Mandi dengan air hangat dapat membantu mom lebih tenang dan tentu saja hal ini dapat mempersiapkan proses persalinan.
  4. Konsumsi minuman yang tinggi kalori, hal ini dapat membantu mom meningkatkan energi dan siap untuk proses persalinan.
  5. Konsumsi camilan ringan, saat pembukaan proses pencernaan akan berjalan lamban maka pastikan mom mengonsumsi camilan yang dapat mengurangi mual seperti buah dan yoghurt.
  6. Pilih posisi yang nyaman, sering berdiri juga akan membantu mom dalam proses persalinan.
  7. Latih pernapasan sehingga saat proses persalinan berjalan dengan lancar. Salah satu hal yang penting namun banyak dilupakan.
  8. Mom dapat melakukan pemijatan pada bagian yang pegal sambil mendengarkan musik, pastikan mom tetap tenang saat mengalami kontraksi.

Nah, mom demikian 8 hal yang dapat dilakukan saat menunggu proses pembukaan. Selamat menunggu proses persalinan ya dan semoga lancar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading