Sukses

Parenting

Tips Sahur yang Sehat untuk Ibu Hamil agar Lancar Puasa

Puasa Ramadan adalah kewajiban bagi Muslim di seluruh dunia. Puasa adalah menahan untuk tidak makan dan minum selama beberapa jam. Bagi orang yang sehat mungkin tidak ada masalah. Lalu, bagaimana jika sedang hamil? Hmm, apakah hamil menjadi alasan untuk tidak berpuasa.

Mom, jika saat ini sedang hamil dan ingin tetap menjalankan ibadah puasa tidak perlu khawatir. Namun, mom perlu mempertimbangkan kesehatan dan asupan nutrisi selama puasa. Ibu hamil membutuhkan asupan kalori sebesar 2.500 kkal per hari, yang terdiri dari 50% karbohidrat, 30% protein dan 20% lemak baik lemak nabati maupun lemak hewani. Artinya, ibu yang sedang hamil memiliki kebutuhan yang berbeda dengan ibu yang sedang tidak hamil.

Nah, berikut ini adalah panduan sahur bagi ibu hamil agar lancar dalam menjalankan puasa. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  • Saat sahur pastikan mom memenuhi kebutuhan nutrisi untuk sepanjang hari. Karbohidrat, protein, lemak dan serat. Asupan vitamin dapat mom peroleh dari konsumsi buah dan sayur. Pastikan kebutuhan ini dapat dipenuhi. Gizi yang seimbang akan membantu mom tetap fit selama puasa meskipun sedang hamil.
  • Konsumsi makanan yang rendah gula karena dapat meningkatkan insulin, sehingga membuat mom lebih cepat lapar. Minuman yang mengandung tinggi gula sebaiknya dihindari, karena justru akan membuat mom mudah haus.
  • Untuk memenuhi kebutuhan cairan, agar tidak dehidrasi selama puasa. Ibu hamil membutuhkan 1.8-2 liter air per hari. Akhiri sahur dengan minum air hangat untuk mencegah tenggorokan kering selama puasa.

Well, mom demikian tips sahur sehat untuk ibu hamil. Ada tips lain? Share yuk di kolom komentar. Semoga ibadah puasanya lancar ya.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading