1. VEMALE
  2. /
  3. KEHAMILAN

Mom Sedang Hamil Muda di Trimester Pertama, Amankah Ikut Berpuasa?

Jum'at, 18 Mei 2018 13:28 Penulis: Rohmitriasih
copyright pexels.com/Leah Kelly

Vemale.com - Banyak mom yang merasa khawatir ketika hendak menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan seperti sekarang ini. Mom yang merasa khawatir ini umumnya adalah mereka yang sedang mengandung atau menyusui. Karena khawatir akan kesehatannya juga kesehatan buah hati, tidak sedikit mom yang akhirnya ragu apakah tidak apa-apa jika ia menjalankan ibadah puasa atau sebaliknya.

Dilema kerap melanda mom yang sedang hamil khususnya yang sedang hamil muda atau berada di trimester pertama. Lantas, bagaimana seharusnya? Apakah mom yang sedang hamil muda diperbolehkan puasa dan ini tidak apa-apa buat kesehatan dirinya maupun janin yang dikandungnya?

Dokter H Taufik Jamaan dari RSIA Bunda Jakarta mengungkapkan bahwa tidak apa-apa jika mom ingin menjalankan ibadah puasa di usia kehamilan yang masih muda atau trimester pertama. Dengan catatan, mom memastikan bahwa kondisi kesehatannya prima. Ia juga harus melakukan cek ke dokter apakah janin di kandungannya cukup kuat diajak puasa atau tidak.

Namun, kalau kondisi kesehatan mom tidak memungkinkan untuk berpuasa, jangan memaksakan diri untuk berpuasa. Karena umumnya, wanita yang hamil muda akan mudah lemas, lemah, mual, pusing dan masalah lainnya.

"Nah, kalau mual dan muntah itu kan tidak baik bila dalam kondisi puasa. Tapi, kalau kondisi ibu hamil baik, boleh-boleh saja dan aman untuk menjalankan ibadah puasa." Ungkap Dokter Taufik.

Ketika mom memutuskan untuk tetap berpuasa selama mengandung, para ahli kesehatan dan kandungan menyarankan agar mom menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Para ahli juga menyarankan agar mom memastikan mencukupi kebutuhan nutrisi, kalori, cairan dan vitamin selama sahur maupun buka.
Sumber: Liputan6.com


(vem/mim)
KOMENTAR PEMBACA
Menyusui Juga Perjuangan, Semangat Mom!