Sukses

Parenting

Agar Ibu Hamil dan Janin Selalu Sehat, Ini 20 Tips Sehatnya

Mom, apakah ini kehamilan pertama untuk kamu? Selamat atas kehamilannya dan semoga sehat selalu baik untuk Mom dan janin di kandungan ya. Bicara mengenai kehamilan dan kesehatan bumil maupun janin, tentunya ini tak boleh main-main. Kesehatan bumil dan janin yang kurang maksimal bisa membuat keduanya rentan mengalami berbagai risiko mengkhawatirkan saat persalinan atau pun selama kehamilan berlangsung.

Tak hanya untuk kehamilan pertama, menjaga kesehatan selama kehamilan juga penting dilakukan untuk kehamilan kedua, ketiga juga seterusnya. Agar ibu hamil dan janin selalu sehat, ada 25 tips yang penting dipahami mom. Apa saja tips tersebut? Simak yang berikut ini.

  1. Kontrol kehamilan ke dokter tepat waktu. Jangan suka menunda-nunda untuk memeriksakan kehamilan dan kondisi mom maupun janin di dalam kandungan. Melakukan kontrol ini juga sebagai langkah mengetahui perkembangan serta pertumbuhan janin.
  2. Lakukan olahraga ringan secara teratur. Selain menyehatkan, olahraga juga akan membuat mom lebih kuat saat melahirkan nanti. 
  3. Pastikan untuk memulai pola hidup yang lebih sehat. Hindari makanan berbahaya, merokok dan minum minuman bersoda atau beralkohol. 
  4. Pastikan untuk disiplin mengikuti anjuran dokter sehingga kandunganmu selalu sehat dan jauh dari berbagai masalah. 
  5. Usahakan untuk mengonsumsi sayur dan buah segar dengan porsi cukup. Hindari makanan kalengan yang nutrisinya tak sebanyak pada makanan segar. 
  6. Cari tahu seputar kehamilan lewat buku atau browsing di internet. Jangan sungkan juga untuk menuruti nasehat orang. Meski begitu, jangan hanya mendengarkan apa yang dikatakan orang. Gali info seputar kehamilan lewat berbagai hal. 
  7. Hindari mengonsumsi sembarang obat kimia maupun obat tradisional tanpa konsultasi dengan dokter. Minumlah obat jika memang itu diperlukan dan atas anjuran dokter/bidan.
  8. Jika kondisi mom lemah dan mudah jatuh sakit, mintalah resep tambahan atau multivitamin pada dokter dan bidan. 
  9. Memulai hidup sehat tak hanya wajib bagi mom, tapi juga wajib bagi pasangan. Ajaklah pasangan untuk memulai hidup sehat dan berhenti merokok. 
  10. Usahakan mencari dokter terbaik untuk mom dan janin, jangan asal cari dokter yang murah juga dekat dengan rumah. 
  11. Sesekali berbagi pengalaman dengan teman, saudara atau kerabat yang pernah hamil juga. Meski begitu, jangan asal percaya dan menelan bulat-bulat informasi yang ada. 
  12. Hindari kontak langsung dengan bahan-bahan kimia yang berisiko pada kehamilan seperti pembersih lantai, pembersih keramik atau sejenisnya. 
  13. Pastikan bahwa gigi dan gusi serta mulut sehat. Adanya bakteri di area ini berdampak buruk buat kesehatan janin. 
  14. Konsultasi kehamilan kamu dengan dokter atau bidan dan mintalah saran mengenai kebaikan kehamilan kamu. Ceritakan juga riwayat kesehatan kamu sehingga dokter bisa memahami kamu dengan lebih baik. 
  15. Ketahui sejarah alergi terutama pada obat-obatan sehingga dokter bisa melakukan yang terbaik untukmu. 
  16. Hindari kontak langsung dengan sembarang hewan terutama hewan-hewan yang belum mendapat vaksin. 
  17. Hamil di atas usia 35 tahun harus sangat hati-hati dalam menjaga kehamilan. Pastikan bahwa kamu juga menjadi pribadi yang sabar dan jangan terlalu stres demi menjaga kesehatan pribadi juga janin di kandungan. 
  18. Mintalah pendapat dan support dari orang-orang di sekitar kamu akan kehamilan ini.
  19. Hindari melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. 
  20. Miliki waktu istirahat cukup, konsumsi air putih cukup dan hindari mengandalkan obat kimia jika ingin mengatasi mual atau pusing.

Itulah cara menjaga kehamilan agar mom dan janin sehat selalu. Bagaimana, sudah siap menyambut kedatangan buah hati di keluarga kamu? Jaga baik-baik kehamilan kamu dan pastikan semuanya akan berjalan lancar hingga persalinan nanti.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading