Sukses

Parenting

5 Tanda Air Ketuban Pecah, Pahami Ya Mom

Saat ini usia kehamilan mom sudah memasuki waktu menjelang melahirkan? Nah, yang perlu mom ketahui adalah mengetahui kapan air ketuban sudah pecah. Air ketuban yang sudah pecah adalah tanda bahwa bayi akan lahir. Pada momen ini banyak perempuan merasa khawatir, hal ini wajar karena merasa hal ini dapat membahayakan si kecil.

Mom, berikut ini adalah tanda jika air ketuban pecah. Yuk, simak penjelasannya dari vemale di bawah ini.

1. Adanya Cairan yang Merembes

Hal pertama yang dirasakan saat air ketuban pecah adalah adanya cairan yang merembes dari miss V, cairan ini dirasa seperti saat menstruasi. Cairan yang merembes bisa sedikit atau banyak, dan seringkali tidak dirasakan oleh mom.

2. Cairan yang Menetes

Berbeda dengan tanda yang pertama. Terdapat cairan yang menetes dari miss V. Jumlah cairannya pun lebih banyak. Tandanya seperti sedang buang air kecil. Tandanya, cairan ini akan lebih banyak keluar ketika mom dalam posisi berdiri.

3. Terdapat Suara Pecah

Saat air ketuban pecah biasanya ditandai dengan suara seperti sesuatu yang pecah. Hal ini seringkali membuat mom panik dan merasa tidak tenang. Gelembung ini akan mengeluarkan suara yang tidak nyaman.

4. Terdapat Cairan Hangat

Setelah terdapat suara seperti sesuatu yang pecah, maka akan keluaran cairan hangat dari miss V. Hal ini adalah tanda jika, air ketuban mom sudah pecah.

5. Rasa Sakit yang Makin Terasa

Ketika air ketuban pecah, maka rasa sakit di perut akan semakin terasa. Kontraksi akan semakin meningkat. Hal ini seiring bertambahnya pembukaan untuk mom yang melahirkan secara normal. Namun, ada pula kasus di mana pembukaan hanya terjadi di pembukaan satu kemudian berhenti.

Nah, mom jika mom mengalami pembukaan segera ke dokter dan lakukan pemeriksaan. Sehingga persalinan mom, berjalan dengan lancar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading