Sukses

Parenting

Waspada Mom, Stres Selama Kehamilan Berpengaruh Buruk Terhadap Otak Bayi

Hampir bagi semua wanita, momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan. Apalagi, jika momen ini merupakan momen pertama dalam hidup. Tak hanya mengesankan, ini juga bisa membuat pikiran jadi campur aduk. Rasa bahagia, takut, khawatir dan kurang nyaman tidak jarang menjadi satu kesatuan yang bisa datang kapan saja selama kehamilan.

Meski perasaan campur aduk selama kehamilan, pastikan agar Mom tidak terlalu stres selama hamil. Dilansir dari laman asiantown.net, stres selama kehamilan bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan Mom maupun janin. Lebih buruk lagi, stres ini berpengaruh buruk pada perkembangan otak bayi.

Mengenai stres saat hamil sebenarnya adalah hal yang wajar dan normal dialami hampir semua wanita. Tapi, jika stres yang dialami terlalu sering, dikhawatirkan ini akan berdampak buruk pada janin. Apalagi, jika Mom tidak lagi nafsu makan selama kehamilan karena stres, Mom kurang tidur dan aktivitas harian terganggu.

Penting untuk kita ketahui, saat pikiran Mom stres dan tidak nyaman, ini akan berpengaruh terhadap perubahan hormon tubuh. Perubahan hormon ini sendiri bisa dirasakan oleh janin. Saat stres, tubuh memproduksi kortisol dan hormon stres lainnya. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Endocrinology menyebutkan bahwa stres yang dirasakan ibu hamil berdampak besar pada kesehatan dan tumbuh kembang janin.

Prof. Vivette Glover dari Imperial College London & Dr. Pampa Sarkar dari Wexham Park Hospital, Berkshire mengemukakan bahwa ibu hamil yang dilanda stres berat akan mempengaruhi perkembangan saraf janin termasuk saraf otak. Akibat terganggunya saraf ini, janin bisa saja lahir prematur atau janin berisiko mengalami autisme.

Jadi Mom, agar kesehatan ibu dan janin selalu sehat, pastikan menghindari stres selama kehamilan. Imbangi juga dengan mengonsumsi berbagai makanan bernutrisi tinggi dan sehat. Miliki pula istirahat cukup dan periksakan kondisi kandungan secara berkala ke bidan atau dokter kandungan.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading