Sukses

Parenting

Pengalaman Melahirkan Anak Pertama di Belanda

Hamil dan melahirkan merupakan momen yang tak akan pernah bisa dilupakan di kehidupan seorang wanita. Proses mengandung hingga bersalin memberi kesan tersendiri. Meski mungkin berat tapi selalu ada kebahagiaan dan berkah tak terkira yang akan didapat. Khususnya ketika akan menyambut kelahiran sang buah hati yang sudah lama ditunggu, pastinya perasaan bisa campur aduk tak karuan ya.

Tapi pernah nggak terbayang merasakan pengalaman melahirkan anak pertama di luar negeri? Seperti yang dialami oleh Novika Purnama Sari yang kini tinggal di Rotterdam, Belanda. Saat sampai di Belanda tahun 2017 lalu untuk melanjutkan studi mengambil PhD dengan tema research tentang Language and Autism di Erasmus Rotterdam University, ia sedang hamil tujuh bulan. Wah, apa tidak berat ya mengawali perjalanan studi di detik-detik menyambut kelahiran sang buah hati pertama?

Novika pun membagikan pengalaman melahirkan di Belanda melalui vlog terbarunya. Di sini ia menceritakan pengalamannya menjalani pemeriksaan hingga proses persalinan di Belanda. Didampingi suami yang tengah kuliah bahasa Belanda dan juga kerja di sana, Novika mendapat pengalaman yang benar-benar tak terlupakan


Melahirkan di Luar Negeri: Belanda./Copyright YouTube/Novika Purnama Sari

Dalam vlognya, wanita asal Jember ini memaparkan beberapa hal menarik. Seperti soal bidan dan dokter kandungan di Belanda. Proses pemeriksaan dan pemberian obat selama kehamilan. Rutinitas ibu hamil yang masih bisa bersepeda di Belanda. Pengalamannya yang sudah pembukaan empat tapi masih harus turun tangga sendiri. Selain itu, dia juga menampilkan gambaran ruang bidan dan ruang bersalin di sana. Ada beberapa aspek yang berbeda dari pelayanan yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah soal kraamzorg. Apa itu kraamzorg? Ikuti saja videonya, ya ladies.

Kalau mau tanya-tanya atau request vlog lain dari Novika bisa langsung mampir ke channel YouTube-nya ini. Semoga infonya bermanfaat dan bisa jadi tambahan pengetahuan soal pemeriksaan dan pelayanan ibu hamil di Belanda.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading