Sukses

Parenting

Tidak Perlu Panik, Berikut Cara Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki bengkak saat hamil kerap dialami. Kaki bengkak ini disebabkan adanya timbunan cairan yang tertahan di dalam tubuh. Jika kondisi ini tidak dibarengi dengan tanda lain maka kaki bengkak saat hamil bukanlah masalah yang serius dan normal saja. Kaki bengkak akan menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan perasaan tidak nyaman.

Well, untuk mengatasi kaki yang bengkak karena hamil mom tidak perlu panik. Berikut ini adalah cara mengatasi kaki bengkak saat hamil. Here we go!

1. Hindari Berdiri Terlalu Lama

Saat hamil hindari berdiri terlalu lama, beban kaki yang terlalu berat akan menyebabkan kaki menjadi bengkak. Maka, usahakan saat hamil mom tidak terlalu lama berdiri.

2. Aktif Bergerak

Saat hamil usahakan untuk aktif bergerak. Selain melancarkan peredaran darah, bergerak aktif akan membantu mom mengurangi risiko kaki bengkak. Setiap pagi jangan lupa untuk berjalan kaki untuk melancarkan sirkulasi darah terutama di pagi hari.

3. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Saat hamil jangan lupa untuk memakai alas kaki yang nyaman. Alas kaki yang terlalu sempit, berhak tinggi akan membuat semakin parah kaki bengkak. Peredaran darah pun semakin tidak lancar terutama bagian kaki yang akan menyebabkan kaki bengkak.

4. Kurangi Konsumsi Garam

Konsumsi garam yang berlebih dapat membuat kaki bengkak. Hal ini disebabkan garam dapat membuat timbunan cairan yang terdapat pada kaki semakin banyak. Saat hamil perbanyak konsumsi air putih karena dapat mengurangi timbunan garam pada tubuh.

5. Ganjal dengan Bantal

Saat tidur usahakan kaki diangkat lebih tinggi dari posisi kepala dengan cara mengganjalnya menggunakan bantal. Cara ini sangat efektif untuk membantu memperbaiki aliran darah menuju kaki dan mengurangi cairan di kaki yang menyebabkan kaki menjadi bengkak.

Selain cara di atas, saat kaki sudah bengkak mom dapat mengompres kaki dengan air dingin. Lakukan secara rutin hingga bengkak di kaki berangsur berkurang. Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi kan? Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading