Sukses

Parenting

Melahirkan Lebih Cepat, 3 Tips Agar Proses Persalinan Mudah dan Lancar

Menjadi wanita hamil, pasti punya banyak hal yang perlu dilakukan, apalagi jika ini adalah kehamilan pertama kalinya. Mulai dari mencukupi nutrisi hingga persiapan melahirkan sehingga bisa melahirkan dengan mudah. Setiap wanita pasti pernah mendengar betapa melahirkan adalah pertaruhan nyawa yang tidak main-main dan bagaimana rasa sakitnya melebihi apa yang bisa dibayangkan. Itulah mengapa penting sekali mempersiapkan diri sehingga bisa melahirkan dengan mudah nantinya.

1. Melatih kekuatan kaki
Saat hamil, jangan terbawa suasana untuk bermalas-malasan. Justru inilah saatnya melatih kekuatan otot kaki agar bisa menahan berat tubuh dengan baik. Jalan kaki santai di pagi hari selama 20-30 menit per harinya untuk melancarkan peredaran darah. Berjalan juga bisa membantu menjaga kekuatan jantung dan melatih pernapasan. Moms juga bisa melatih kekuatan otot kaki dengan cara squat dan naik turun tangga.

2. Tidur lebih banyak
Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology menyebutkan bahwa wanita hamil yang tidur kurang dari enam jam selama di bulan akhir menuju persalinan mengalami 11 jam persalinan lebih lama dan menghadapi operasi cesar dibandingkan wanita hamil yang tidur lebih dari tujuh jam. Karena ketika kurang tidur, wanita rentan stres dan cemas hingga kesulitan menghadapi proses persalinan.

3. Latihan pernapasan
Jangan lupa untuk melatih pernapasan untuk menenangkan diri ketika khawatir. Karena ini sangat penting saat kamu menghadapi detik-detik persalinan. Kekuatan mental ikut diuji, dan bisa melatih pernapasan akan sangat membantu membuat rileks. Inilah mengapa banyak ibu hamil ikut kelas yoga.

Melahirkan memang menjadi tantangan tersendiri untuk seorang wanita, dan proses lahirannya juga perlu dipersiapkan jauh-jauh hari agar lebih mudah dan nyaman nantinya ya Moms.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading