Sukses

Parenting

5 Tips Cepat Hamil untuk Wanita yang Haidnya Nggak Teratur

Siklus haid yang tidak teratur terkadang menimbulkan kecemasan tersendiri. Khususnya bagi wanita yang sedang menantikan kehadiran momongan. Kadang muncul rasa cemas apakah bisa cepat hamil meski haid tidak teratur.

Jika sudah berusaha selama lebih dari sembilan bulan tapi belum juga hamil, memang ada baiknya langsung berkonsultasi ke dokter. Dokter untuk akan mengecek keseimbangan hormon dan masalah yang berkaitan dengan ovulasi. Selain itu, ada sejumlah tips yang bisa kamu coba agar bisa cepat hamil di tengah siklus haid yang tidak teratur.

Menjaga Pola Makan Sehat
Dikutip dari thehealthsite.com, masalah hormon dan kesuburan bisa diatasi dengan menjaga pola makan sehat. Kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuh harus dipenuhi dengan baik. Untuk meningkatkan kesuburan, penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan asam folat. Sayur dan buah seperti kubis, tomat, dan pisang baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Olahraga Rutin
Selain baik untuk kesehatan, olahraga rutin juga bisa membantu proses untuk bisa cepat hamil. Olahraga ringan seperti jalan santai, yoga, dan bersepeda bisa membantu menjaga keseimbangan hormon. Begitu hormon dalam tubuh seimbang, siklus haid bisa lebih teratur. Buat yang memiliki masalah kelebihan berat badan, olahraga bisa bantu mendapatkan tubuh ideal dan meningkatkan peluang untuk cepat hamil.

Jaga pola makan dan olahraga rutin, ya./Copyright shutterstock.com

Selalu Tandai Masa Subur
Apa yang dimaksud dengan masa subur? Masa subur adalah 2-3 hari sebelum dan sesudah hari di mana diperkirakan ovulasi (pelepasan sel telur untuk dibuahi sel sperma) terjadi. Ketika siklus haid tidak teratur, menandai masa subur bisa jadi hal yang cukup sulit dilakukan. Tapi penting untuk selalu menandai masa subur ini demi meningkatkan peluang agar bisa cepat hamil. Salah satu rumus yang bisa digunakan untuk menghitung masa subur untuk yang haidnya tidak teratur dengan cara seperti ini, Masa Subur = hari ke-(siklus terpendek – 18) s/d ke-(siklus terpanjang – 11).

Redakan Stres
Stres dan kurang tidur bisa memengaruhi siklus haid dan peluang untuk hamil. Emosi yang dirasakan pun bisa memberi pengaruh yang cukup besar pada siklus haid. Penting untuk menjaga kesehatan mental dan pikiran agar tidak gampang stres. Saat emosi dan mental stabil, peluang untuk cepat hamil akan meningkat.

Berhubungan Intim 2-3 Hari Sekali Saat Sedang Tidak Haid
Melakukan hubungan intim setiap hari mungkin kelihatannya bisa lebih cepat meningkatkan peluang untuk cepat hamil. Tapi hal ini sebenarnya kurang ideal. Kalau kesulitan menghitung masa subur, bisa coba cara berhubungan intim setiap 2-3 hari sekali.

Lima tips di atas merupakan tips sederhana dan paling dasar untuk meningkatkan peluang cepat dapat momongan. Kalau cara-cara tersebut sudah dicoba tapi belum memberikan hasil, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading