Sukses

Parenting

5 Aturan Penting yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Saat Berolahraga

Selama tidak ada komplikasi atau masalah khusus, olahraga sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Selain untuk menjaga berat badan, olahraga ketika hamil juga bisa jadi salah satu cara untuk mempermudah proses persalinan nantinya.

Hanya saja memang ada aturan-aturan khusus yang harus dipenuhi dan diikuti seorang ibu hamil saat hendak olahraga. Secara umum, ada lima hal yang perlu diperhatikan ibu hamil saat olahraga. Berikut info selengkapnya.

Jangan Memaksakan Diri
Dilansir dari thehealthsite.com, lama waktu olahraga dalam sehari sebaiknya tidak lebih dari 30 menit. Selain itu ada baiknya untuk berkonsultasi ke bidan atau dokter kandungan terlebih dahulu soal memungkinkan tidaknya melakukan olahraga dengan kondisi kehamilan yang sekarang. Kondisi kehamilan bisa berbeda pada setiap wanita jadi penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter demi keamanan dan kesehatan ibu serta janin.

Lakukan Perlahan
Untuk amannya lakukan olahraga dengan perlahan. Jangan terburu-buru atau memvorsir tenaga habis-habisan. Baik itu olahraga angkat beban, jogging, atau yoga, lakukan dengan pelan-pelan. Pastikan tubuh juga tetap nyaman saat melakukan olahraga tersebut.

Perhatikan aturannya./Copyright shutterstock.com

Selalu Ambil Jeda Istirahat Saat Olahraga
Saat hamil, tubuh biasanya akan terasa lebih cepat gerah atau kepanasan. Kondisi atau lingkungan dengan suhu yang sejuk lebih ideal untuk ibu hamil. Selain itu, saat melakukan olahraga, usahakan untuk selalu mengambil jeda istirahat dalam interval tertentu. karena detak jantung biasanya lebih cepat saat hamil.

Selalu Siapkan Air Putih
Kebutuhan air putih jangan sampai tidak terpenuhi selama olahraga ketika hamil. Selalu siapkan air putih yang cukup setiap kali melakukan olahraga. Jangan sampai dehidrasi, ya.

Pilih Jenis Olahraga yang Memang Bikin Nyaman
Tak perlu memaksakan diri melakukan olahraga yang memang tak disukai. Karena nantinya malah bikin stres sendiri dan berakibat pada kestabilan emosi. Pastikan moms memilih jenis olahraga yang bisa membuat nyaman. Kalau sudah nyaman, olahraga rutin pasti akan lebih semangat.

Selama dilakukan dengan benar dan cukup, olahraga saat hamil bisa memberi banyak manfaat. Demi keamanan dan kenyamanan, saat berolahraga sebaiknya minta didampingi oleh pelatih atau orang yang sudah berpengalaman ya, moms.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading