KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEHAMILAN

Tanpa Obat, Begini Cara Alami Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Sabtu, 02 Desember 2017 09:30 Penulis: Endah Wijayanti
Mengatasi kaki bengkak./Copyright shutterstock.com

Vemale.com - Selama kehamilan, tubuh akan mengalami sejumlah perubahan dan berbagai komplikasi. Salah satunya yang paling umum adalah kaki bengkak atau yang dikenal dengan oedema. Oedema merupakan pembengkakan karena penumpukan cairan pada exstremitas maupun pada organ dalam tubuh.

Seperti yang dilansir oleh boldsky.com, jantung bekerja dua kali lipat lebih besar pada wanita hamil untuk memastikan sirkulasi darah mengalir lancar di dalam tubuh. Kerja jantung yang ekstra ini kemudian bisa menyebabkan penumpukan lemak pada exstremitas tubuh. Rahim yang terus berkembang selama kehamilan memberi banyak tekanan pada vena cava inferior (pembuluh balik besar bawah, yaitu pembuluh darah yang menerima darah dari badan dan kedua kaki). Saat sirkulasi darah terganggu, dampaknya akan menyebabkan penumpukan cairan pada kaki, sehingga membuat kaki jadi bengkak.

Ada banyak cara untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil ini. Beberapa di antaranya bahkan tak mengharuskan kita mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti sejumlah tips simpel berikut ini.

Rendam Kaki dalam Air Hangat yang Dicampur Garam
Rebus air dan campur garam secukupnya. Diamkan sampai cukup hangat, baru kemudian gunakan untuk merendam kaki yang bengkak. Cara ini bisa mengatasi kaki bengkak selama kehamilan dengan menyerap kelebihan cairan pada jaringannya.

Rendam kaki./Copyright shutterstock.com

Tinggikan Posisi Kaki
Agar aliran darah tak tersumbat pada daerah kaki, tinggikan posisi kaki saat duduk atau berbaring. Bisa dibantu dengan diganjal bantal atau guling.

Pijat dengan Minyak
Kita bisa menggunakan minyak kayu putih, minyak lemon, minyak peppermint, atau minyak lavender untuk memijat kaki yang bengkak. Cara ini bisa membantu mengatasi kelebihan cairan yang menumpuk di kaki. Selain itu juga bisa membantu memperlancar sirkulasi darah jadi lebih baik.

Beri pijatan lembut./Copyright shutterstock.com

Tidur Miring ke Kiri
Tidur miring ke kiri bisa bantu mengurangi tekanan yang dibebankan pada pembuluh vena cava dan membantu memperlancar sirkulasi darah. Saat akan tidur, posisi ini bisa dipilih untuk tidur yang lebih nyenyak.

Oh iya, ada juga nih sejumlah tips penting yang bisa diikuti untuk mencegah kondisi kaki bengkak semakin parah saat hamil. Mulai dari selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh, perbanyak gerak, hindari duduk bersila, jangan terlalu lama berdiri, hindari penggunaan celana atau baju ketat, konsumsi makanan yang kaya kalium seperti pisang dan kentang, gunakan alas kaki yang nyaman, dan juga kurangi konsumsi kafein serta makanan instan.

Kondisi kaki bengkak selama hamil memang sebaiknya harus segera ditangani, ya. Bila kondisinya tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter untuk mendapat perawatan dan penanganan yang lebih lanjut.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA