KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEHAMILAN

Apakah Tespek Punya Tanggal Kadaluwarsa? Ini Faktanya!

Sabtu, 02 Desember 2017 09:45 Penulis: Febi Anindyakirana
Tespek bisa kadaluwarsa/copyright healthline.com

Vemale.com - Bagi kamu yang sudah menikah dan sedang merencanakan kehamilan, kemungkinan besar kamu akan lebih sering belanja tespek untuk keperluan tes kehamilan. Tapi pernahkah kamu penasaran, seperti obat-obatan lainnya, apakah tespek juga punya tanggal kadaluwarsa?

Karena ternyata, tespek memang punya tanggal kadaluwarsa. Christine Greves, M.D., dokter kandungan Winnie Palmer Hospital for Women and Babies, mengungkapkan dalam Women's Health bahwa alat tes kehamilan punya jangka waktu layak digunakan antara 2-3 tahun lamanya, dan jika kamu menggunakan tespek lebih dari tanggal kadaluwarsa, hasilnya bisa jadi tak akurat.

Alat tes kehamilan bekerja dengan cara mendeteksi apakah urin/air seni mengandung hormon human chorionic gonadotropin (hCG), yang mana dibentuk setelah adanya pembuahan sperma pada sel telur di dalam tubuh. Hormon ini adalah tanda akurat bahwa kamu hamil.

Dan semacam senyawa di alat tes kehamilan punya sensitivitas mendeteksi hormon tersebut. Tingkat sensitivitas ini bisa berkurang seiring lamanya test pack tidak dipakai dan mendekati tanggal kadaluwarsa.

Jadi, setiap beli tespek, selalu cek tanggal kadaluwarsanya ya. Karena ternyata tanggal kadaluwarsa yang tertera pada tespek tidak hanya sekedar asal dituliskan begitu saja. Seperti obat, alat tes kehamilan juga punya masa layak pakai.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA