KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEHAMILAN

Pengidap Diabetes Nggak Bisa Hamil, Mitos atau Fakta?

Selasa, 14 November 2017 17:00 Penulis: Endah Wijayanti
Diabetes dan kehamilan./Copyright healthline.com

Vemale.com - Bisakah wanita yang mengidap diabetes hamil? Pertanyaan ini mungkin sering terlontar dan diperbincangkan. Apalagi bagi yang sudah menanti kehadiran momongan, masalah seperti ini bisa benar-benar bikin stres dan tertekan.

Karena komplikasi kehamilan pada wanita pengidap diabetes cukup tinggi, banyak beredar info yang simpang siur terkait hal di kalangan masyarakat umum. Ada yang bilang pengidap diabetes nggak bisa hamil. Tapi benarkah begitu? Ternyata seperti yang dilansir oleh newkidscenter.com, wanita pengidap diabetes tetap bisa hamil dan melahirkan bayi yang sehat. Cuma memang dalam perawatannya ada sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan.

Pahami Komplikasi yang Mungkin Akan Terjadi
Komplikasi yang paling umum dari diabetes adalah mempengaruhi kesehatan ginjal, mata, dan sistem saraf. Pastikan untuk selalu berkonsultasi rutin dengan dokter selama kehamilan. Pahami beberapa jenis komplikasi yang mungkin terjadi, seperti infeksi saluran kandung kemih, tekanan darah tinggi, pembengkakan di anggota tubuh dan wajah, ekskresi protein pada urin, dan risiko kelahiran prematur.

Bayi yang dikandung ibu pengidap diabetes pun berisiko mengalami sejumlah komplikasi. Seperti kadar gula darah yang tinggi yang menyebabkan penumpukan lemak di bahu, kadar gula darah yang rendah setelah dilahirkan, penyakit kuning, dan risiko obesitas atau mengalami diabetes saat dewasa nanti. Penting untuk memahami kemungkinan terjadinya komplikasi tersebut agar ibu lebih waspada dan berhati-hati selama menjaga kehamilan.

Pahami risiko komplikasinya./Copyright americanpregnancy.org

Risiko Komplikasi Bisa Diperkecil dengan Sejumlah Cara
Selama kadar gula darah selalu dicek rutin dan stabil selama sebelum, selama, dan sesudah kehamilan, risiko komplikasi bisa diperkecil. Cek medis harus dilakukan secara rutin, berkonsultasi dengan dokter harus dilakukan dengan perencanaan yang matang, atur pola makan, olahraga rutin juga perlu dilakukan setidaknya 30 menit sehari, konsumsi suplemen sesuai resep dari dokter bila perlu, dan kelola stres.

Seorang wanita pengidap diabetes masih bisa hamil. Risiko terjadinya komplikasi dan masalah kesehatan memang ada. Jadi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu saat akan merencanakan kehamilan. Jika memang memungkinkan untuk hamil, pengecekan medis rutin juga jangan sampai dilewatkan.

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA