Sukses

Parenting

Tetap Aman Melakukan Perjalanan Jauh Saat Hamil, Ini Tipsnya

Punya rencana bepergian jauh saat hamil? Selalu pastikan untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan kandunganmu ya ladies. Jangan sampai, perjalanan jauh yang harusnya menyenangkan dan aman-aman saja berubah jadi moment yang justru berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

Dilansir dari laman parents.com, wanita hamil penting memiliki istirahat cukup dan tidak boleh terlalu capek. Baik untuk capek fisik maupun capek psikis. Sedangkan, melakukan perjalanan jauh sangat rentan membuat fisik dan psikis capek. Agar melakukan perjalanan jauh tetap aman dan tak menguras tenaga, berikut nih tipsnya.

  1. Hindari bepergian sendiri. Pastikan ada orang terdekat yang menemanimu melakukan perjalanan. Orang tersebut bisa suami, saudara atau orangtua juga mertua.
  2. Ketahui nomor rumah sakit di tiap kota yang akan kamu lewati atau singgahi. Mengetahui nomor telepon rumah sakit ini akan mencegah kepanikan saat terjadi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. 
  3. Pilih kendaraan yang membuatmu nyaman dan aman. Untuk kenyamanan dan keamanan selama di perjalanan, pilihlah kereta api atau kendaraan bus dan pesawat dengan tempat duduk lebih luas. Pilih juga kendaraan yang sudah terjamin memberikan pelayanan maksimal. 
  4. Konsumsi air putih cukup selama melakukan perjalanan dan pastikan bahwa pikiran kamu bahagia. Melakukan perjalanan dengan memperhatikan asupan cairan dalam tubuh serta pikiran yang bahagia bisa mendukung keselamatan ibu maupun janin. 
  5. Sediakan bekal makanan sehat selama perjalanan. Makanan tersebut mulai dari sayur, ikan, atau buah-buahan yang telah dijus. Jika malas membawa makanan, kamu bisa mampir ke restoran dan pilihlah makanan sehat di sana. 
  6. Hindari konsumsi camilan yang tidak sehat seperti ciki-ciki, minuman bersoda atau junkfood. 
  7. Hindari membawa barang yang berlebihan dan berat. Bawa barang-barang yang dibutuhkan agar tidak merepotkan perjalanan kamu. 
  8. Pastikan bahwa kondisi fisik kamu memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh. Dua atau tiga hari sebelum melakukan perjalanan, periksakan kondisi kesehatan di dokter atau bidan. 
  9. Pastikan kartu asuransi atau kartu kesehatanmu masih valid. Ini akan memudahkan kamu melakukan registrasi di setiap rumah sakit tempat tujuan kamu.


Itulah tips aman melakukan perjalanan jauh bagi ibu hamil. Para ahli mengungkapkan jika melakukan perjalanan jauh tidak disarankan untuk wanita yang mengandung dengan usia di bawah 3 bulan dan di atas 8 bulan. Usia kandungan ini cukup berisiko. Semoga informasi ini bermanfaat.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading