KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEHAMILAN

Stop! 7 Minuman Ini Tak Boleh Kamu Minum Selama Hamil

Selasa, 08 Agustus 2017 07:00 Penulis: Febi Anindyakirana
Minuman ini sebaiknya tidka diminum sata hamil/copyright shutterstock.com

Vemale.com - Terkesan ribet sih, tapi saat hamil kamu wajib memperhatikan asupan makanan dan minuman. Ada beberapa jenis minuman yang seharusnya kamu hindari selama hamil karena dikhawatirkan punya efek buruk terhadap tumbuh kembang janin dan bahkan membahayakan kandungan.

Minuman yang tidak boleh diminum

  • Kopi. Bumil tak boleh minum minuman mengandung kafein karena bisa membahayakan kandungan.
  • Alkohol. Jelas tidak boleh, bahkan sebaiknya mulai dikurangi mulai sebelum hamil. Saat hamil hingga menyusui, ibu tidak boleh mengonsumsi segala macam minuman beralkohol.

Kurangi minuman banyak gula/copyright shutterstock.com

  • Minuman manis. Kandungan gula yang terlalu tinggi akan menyebabkan kegemukan dan risiko diabetes.
  • STMJ. Susu, madu dan jahe memang sehat untuk ibu hamil, tapi tidak untuk telurnya yang mentah. Segala macam minuman yang mengandung campuran telur mentah harus dihindari karena dikhawatirkan membawa bakteri Salmonella atau E.coli.
  • Minuman keran. Minumlah hanya minuman yang dimasak atau matang. Jangan minum air tap keran, bahkan jika itu tertulis bisa diminum atau aman dikonsumsi.

Susu perah yang belum dimasak tidak baik dikonsumsi/ copyright Pixabay.com

  • Susu perah. Seperti minuman mentah lainnya, susu segar setelah diperah dari sapi termasuk susu mentah yang tidak layak minum untuk ibu hamil.
  • Segala minuman dengan bahan mentah. Jus sepertinya termasuk mentah, jika kamu mencampurnya dengan sayuran segar atau yang belum dimasak. Hindari minum jus yang dicampur sayuran. Jus buah pun harus dikupas kulitnya untuk menghindari adanya bakteri pembawa penyakit.

Itu dia sekian minuman yang seharusnya kamu hindari selama hamil. Semoga kandunganmu sehat dan kuat hingga tiba masa persalinan ya, Moms.

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA