Sukses

Parenting

Studi: Wanita yang Hamil dan Punya Anak di Usia 30an Lebih Panjang Umur

Sering kita mendengar kalau hamil dan punya anak saat usia sudah kepala 3 itu sangat berisiko. Hal ini bisa dipahami mengingat kondisi kesehatan ibu yang juga jadi prioritas utama. Tapi ada studi yang menarik terkait hamil dan memiliki anak di usia 30an.

Dalam penelitian berjudul Women’s life span and age at parity yang dimuat di Journal of Public Health disebutkan bahwa wanita yang menjadi ibu di usia lebih tua memiliki kemungkinan panjang umur. Penelitian yang berasal dari Coimbra University tersebut dilakukan para peneliti dengan membandingkan harapan hidup para ibu di negara-negara Eropa pada usia 65 tahun dengan usia ketika mereka baru memiliki anak.

Peneliti kemudian menemukan bahwa wanita yang melahirkan di usia lebih tua bisa hidup lebih lama daripada yang hamil di usia belasan dan 20an. Ada banyak faktor yang mempengaruhi harapan hidup wanita. Dan tak disangka-sangka salah satu faktornya adalah terkait dengan usia saat hamil.

Sebuah penelitian lain yang dipublikasikan di jurnal Menopause menyebutkan bahwa wanita yang memiliki anak di usia 33 tahun atau lebih secara genetika memiliki harapan hidup lebih lama daripada para ibu muda. Wah, cukup mengagetkan juga ya.

Kira-kira apa alasan yang mendasarinya selain kemungkinan ada faktor genetika? Penyebabnya bisa karena pola hidup yang lebih sehat dan nggak gampang stres. Juga kehidupan yang lebih sejahtera. Sehingga harapan hidup jadi lebih lama.

Yang perlu digarisbawahi lagi adalah soal kesehatan dan kondisi tubuh saat hamil. Demi keselamatan ibu dan juga jabang bayi, selalu pastikan kita mengecek kondisi kesehatan secara menyeluruh ya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading