KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEHAMILAN

Pilihan Skin Care untuk Ibu Hamil, Mom Wajib Coba

Sabtu, 15 Juli 2017 18:30 Penulis: Pita Larasati
Memilih skin care saat hamil memang ahrus berhati-hati / Copyright Shutterstock

Vemale.com - Banyak di antara kita yang memilih untuk tidak melakukan perawatan wajah ketika hamil karena takut akan zat kimia yang terkandung dalam skin care. Sebenarnya, ibu hamil tetap dapat melakukan perawatan dengan memerhatikan bahan-bahan yang ada di dalam produk skin care. Kenapa harus tetap merawat kulit wajah? Hormon-hormon di seluruh tubuh kita pada saat hamil cenderung mudah berubah dan ini menyebabkan juga timbul beberapa masalah pada kulit. Beberapa kondisi kulit yang biasa muncul saat hamil adalah:

Jerawat

Sebagian ibu hamil mengalami perubahan hormon yang menjadikan kulit wajahnya lebih berminyak, lebih banyak komedo, dan juga berjerawat. Hormon berperan utama dalam berkembangnya jerawat dengan jenis yang berbeda-beda.

Melasma

Munculnya spot hitam yang melebar biasanya muncul di area wajah juga terjadi pada saat hamil. Biasanya di dahi, pipi, dan di atas bibir. Spot hitam ini terjadi pada sebagian besar ibu hamil dikarenakan kulitnya yang menjadi super sensitif terkena sinar matahari. Produksi melanin yang berlebih sehingga timbul spot hitam di area wajah. Melasma tidak hanya terjadi ketika kamu hamil, tetapi bisa juga dampak dari penggunaan pil KB atau pemakaian IUD pada sebagian wanita.

Skin Tag

Skin tag terlihat seperti kutil, sangat umum dan tidak berbahaya ditemukan di beberapa ibu hamil, orang berusia 60 tahun ke atas, orang yang suka menggunakan steroid.

Lalu Apakah Ibu Hamil Bisa Mencegah Perubahan Kulit Tersebut?

Perubahan kulit saat hamil itu sangat alami, tetapi kamu bisa merawatnya supaya kondisi kulit tidak menjadi lebih buruk. Saya sendiri dulu mengalaminya ketika hamil, kulit muka saya muncul banyak komedo dan jerawat serta tektur yang tidak merata karena beruntusan. Saya pun rajin mencari di internet kandungan pada perawatan wajah yang cocok untuk ibu hamil dan aman bagi janin. Beberapa kandungan yang harus dihindari adalah accutane (biasanya ada di obat oles jerawat dan juga sebagai obat yang diminum), hydroquinone (zat pemutih/bleaching), retinoid (vitamin A kadar tinggi biasanya di produk anti-aging), dan soy (bisa memperburuk melasma).

Buat kamu yang berjerawat saat hamil pasti bertanya-tanya apa yang dipakai ketika hamil kalau ternyata produk untuk jerawat pun harus dihindari. Tenang saja, mengurangi jerawat tidak melulu harus menggunakan produk jerawat, banyak produk di luar yang bisa mengurangi produksi minyak berlebih dan tetap menghidrasi kulit. Saya sendiri dulu mencoba produk berbahan dasar air. Selain ringan di wajah dan ternyata sukses memperbaiki kondisi kulit saya saat hamil. Berikut produk yang bisa kamu coba.

1. Laneige Water Bank Essence EX

Produk pertama Laneige Water Bank Essence EX wajib kamu coba / copyright sociolla.com

Saat hamil hormon mudah berubah-ubah sehingga untuk mendapatkan perawatan wajah yang maksimal, pilih essence yang ringan mengandung bahan air. Kenapa essence? karena essence bekerja langsung ke dalam kulit tidak seperti pelembap yang hanya di bagian kulit luar saja. Baca review-nya di sini.

2. Laneige Water Sleeping Mask

Masker yang cocok untuk ibu hamil / copyright sociolla.com

Supaya di pagi hari segar cerah dan lembap, kamu bisa menggunakan ini seminggu cukup 2 kali. Kalau ada jerawat bisa dioles di area tersebut. Keesokkannya bisa dilihat, jerawat kempis dan tidak lagi meradang. Wangi sleeping mask ini juga tidak menyengat justru malah menenangkan sehingga tidur pun rileks sekaligus wajah jadi lebih kenyal.

3. Neogen Real Fresh Green Tea Cleansing Stick

Kandungan teh hijaunya bikin nyaman / copyright sociolla.com

Kandungan alami daun teh hijau yang ada di sabun berbentuk stick ini membantu eksfoliasi kulit secara ringan dan natural.

Baca juga: Mengenal Cleansing Stick, Jenis Cleanser Baru dari Korea yang Travel-Friendly

4. Missha All Around Safe Block Essence Sun Milk SPF50/PA+++

Kandungan nutrisinya baik untuk menghilangkan minyak / copyright sociolla.com

Sunblock essence ini cepat menyerap ke kulit wajah dan tidak berminyak. Melasma kamu tidak akan menjadi lebih parah karena kulit wajah sudah terlindungi dari paparan sinar matahari.

Jadi, tunggu apalagi? kamu yang sedang hamil, tetap bisa memperoleh kulit yang sehat dan terawat. Rajin-rajin riset dan mencari informasi sebanyak mungkin, juga jangan sungkan bertanya pada dokter kandungan kamu.

Baca juga: Kelewat Sibuk? Hati-Hati, 3 Tahap Skin Care Esensial Ini Jangan Sampai kamu ‘Diskon’ dan Dilakukan Kurang Maksimal

(vem/sociolla/apl)
KOMENTAR PEMBACA
Video Skrin.id : Kamar Tidur Minimalis, Favorit Pasangan Muda