KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. KEHAMILAN

Sambut Kehamilan Pertama, Ini Dia Persiapan Wajibnya

Senin, 19 Juni 2017 15:02 Penulis: eth
(c) shutterstock

Vemale.com - Selain merasa bahagia, rasa was-was, cemas, dan bingung sering dihadapi para Ladies yang mengalami kehamilan pertamanya. Apalagi dihadapkan dengan banyaknya saran yang didapat, mulai dari yang terdengar aneh hingga yang berasal dari dunia medis. Jangan sampai salah, berikut beberapa hal yang wajib dipersiapkan.

Menemukan Dokter yang Tepat

Perawatan kesehatan, terutama di minggu-minggu pertama kelahiran memang sangat penting. Temukan tenaga kesehatan yang tepat terkadang cukup membingungkan. Selain harus berpengalaman, masalah biaya, jadwal, dan kenyamanan saat berkonsultasi juga jadi bahan pertimbangan. Tidak ada salahnya, lho meminta rekomendasi dokter favorit dari keluarga, teman, atau rekan kerja untuk memudahkan ladies menjatuhkan pilihan.

Jaga Kesehatan itu Wajib

Setelah menemukan dokter yang tepat, buat janji untuk melakukan pertemuan pertama. Biasanya, Ladies akan melakukan beberapa tes pendahuluan dan mendapatkan vitamin untuk memperkuat kesehatan ibu dan janin.

Jangan ragu untuk menanyakan apa saja yang kira-kira membuatmu merasa kurang nyaman, seperti mual, muntah, dan ngidam. Begitu juga dengan hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan di trimester pertama kehamilan, mulai dari makanan hingga aktifitas yang dilarang.

Pola Makan Sehat dan Seimbang

Katanya sih, orang hamil makannya harus dua kali lipat untuk memenuhi nutrisi janin. Padahal hal ini dapat memicu kenaikan berat badan berlebihan, yang bikin tubuh jadi kurang nyaman dan mengganggu kesehatan baik bagi Ladies maupun anak yang ada dalam kandungan.

Selain mengonsumsi multivitamin yang diresepkan oleh dokter, jaga pola makan agar tetap bernutrisi dan seimbang, seperti banyak makan buah dan sayuran yang kaya vitamin, folat, dan antioksidan. Hindari makanan yang dapat memicu risiko gangguan pada janin, seperti daging yang kurang matang, mengandung telur mentah, atau ikan laut yang dapat mengandung merkuri. Jangan lupa, imbangi dengan konsumsi air putih yang cukup dan batasi minuman berkafein.

Baju Hamil yang Nyaman

Pada bulan-bulan pertama kehamilan, tubuh mulai mengalami perubahan bentuk, terutama pada bagian perut dan payudara. Pakaian-pakaian yang selama ini ada di lemari, mungkin mulai terasa kurang nyaman untuk digunakan. Tidak ada salahnya mulai hunting baju yang khusus ditujukan untuk ibu hamil.

Kini Baju Hamil punya berbagai model yang terlihat fashionable, namun tetap mengedepankan kenyamanan. Dimulai dari Tokopedia, Ladies bisa membeli beberapa pakaian wajib yang bisa dipadupadan dengan mudah, seperti blus panjang, celana nyaman dan melar, hingga rok panjang yang cantik.

Tidak hanya baju hamil yang bisa didapatkan di Tokopedia, aneka Perlengkapan bayi baru lahir pun bisa didapatkan dengan mudah dan tanpa lelah, karena berbagai kemudahan yang ditawarkan untuk online shopping di rumah.

Yuk sambut kehamilan pertama tanpa cemas dan was-was dengan tips-tips ini dimulai dari Tokopedia.

(vem/eth)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Advertorial