Sukses

Parenting

Kenapa Wanita Hamil Kadang Suka Ngidam yang Aneh-Aneh?

Wanita hamil sangat identik dengan yang namanya ngidam. Mulai dari ngidam makanan yang asam hingga ingin makanan yang aneh-aneh. Katanya sih bawaan bayi, tapi benarkah begitu?

Meski ngidam bisa disebabkan oleh banyak hal tapi ada satu faktor yang paling mempengaruhi kebiasaan ngidam wanita hamil. Dilansir dari lifehack.org, perubahan hormon menyebabkan ketidakseimbangan biologi dan neurologi. Hormon-hormon kehamilan mempengaruhi indera perasa dan penciuman ibu hamil. Sehingga pola makan dan nafsu makannya pun ikut mengalami perubahan yang signifikan.

Sejumlah ilmuwan pun meyakini bahwa ngidam jenis makanan tertentu itu ada kaitannya dengan tubuh yang kekurangan vitamin dan mineral tertentu juga. Beberapa pakar juga memiliki pendapat bahwa perubahan nafsu makan dan ngidam bisa berubah di setiap fase kehamilan. Misalnya, di awal-awal kehamilan wanita hamil bisa makin sensitif dengan makanan yang beraroma pahit. Hal ini bisa jadi untuk mencegah sang ibu hamil mengonsumsi jenis-jenis makanan yang kurang baik untuk perkembangan janinnya.

Cuma yang tetap perlu diwaspadai adalah usahakan untuk selalu mengendalikan nafsu makan. Mau ngidam apapun, pastikan kebutuhan gizi dan nutrisi selalu tercukupi dengan baik. Jangan sampai jadi susah mengendalikan nafsu makan dan malah membuat berat badan naik dan terjadi penumpukan lemak yang tak sehat.

Selalu periksakan kehamilan ke bidan atau dokter secara teratur juga, ya. Agar kehamilan selalu bisa terpantau dan kesehatan ibu serta janin terus terjaga.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading