Sukses

Parenting

Tidak Perlu Cemas Saat Melahirkan, Berikut 9 Tips Mengatasinya

Setiap wanita tentu merasa bangga saat akan menjadi seorang ibu. Sayangnya saat akan menjalani proses melahirkan, Mom menjadi cemas dan mudah takut. Bukan tanpa sebab, bayangan tentang proses melahirkan yang sakit seringkali menjadi momok bagi setiap calon ibu. Tidak hanya itu, stres dan emosi yang tidak stabil seringkali menumbuhkan kekhawatiran ketakutan saat menjelang hari melahirkan.

Mom, berikut ini adalah 9 cara untuk menghilangkan rasa cemas dan takut menjelang melahirkan.

  1. Proses melahirkan memang sakit, tapi tetap ingat rasa sakit yang Mom alami berbeda dengan sakit yang lain. Ada rasa yang berbeda dari nyeri yang Mom alami saat melahirkan. Jadikan hal ini sebagai motivasi untuk mengurangi rasa takut.
  2. Tidak perlu membandingkan pengalaman orang lain dengan diri Mom. Buat pengalaman untuk diri Mom sendiri, hal ini akan membuat Mom merasa lebih nyaman.
  3. Mengikuti kelas kehamilan memang tidak terlalu membantu, namun akan membantu Mom lebih tenang. Karena di kelas tersebut akan diberikan pengarahan dan bagaimana cara mengatur emosi menjelang melahirkan.
  4. Pilih dokter atau bidan yang sesuai. Pilihan dokter yang akan menangani proses melahirkan Mom akan membuat rasa nyaman dan tenang.
  5. Mintalah dukungan dari pasangan dan keluarga. Tidak ada salahnya Mom berbagi rasa tidak nyaman ini kepada mereka, sehingga akan membantu Mom lebih tenang.
  6. Jangan terlalu stres dengan pendapat orang lain. Apapun keputusan Mom, pilihlah sesuai dengan kehendak Mom sendiri. Jangan merasa terbebani dengan pilihan orang lain.
  7. Berlatih relaksasi saat menjelang kelahiran. Hal ini akan membatu Mom untuk lebih relaks dan lebih tenang.
  8. Lepaskan rasa takut yang Mom miliki. Rasa takut ini justru akan membuat lama proses melahirkan. Kendalikan emosi Mom agar rasa takut tidak menguasai.
  9. Tidak perlu stres dengan pengalaman melahirkan teman. Meskipun mereka berniat memberikan pengalaman, justru hal ini membuat Mom merasa tidak nyaman. Maka saat mendengar cerita tersebut, tenangkan diri Mom.

Mom, demikian 9 cara mengurangi rasa takut menjelang melahirkan. Percayalah rasa sayang Mom kepada si kecil akan mengalahkan segalanya. Stay cool and keep calm, Mom.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading