Sukses

Parenting

Melahirkan di Usia 64 Tahun, Inikah Ibu Tertua di China?

Mengandung, melahirkan dan jadi ibu tentu merupakan impian dari semua wanita. Hampir semua wanita menganggap bahwa sosok ibu telah membuat mereka merasa menjadi wanita yang seutuhnya. Kehadiran buah hati di hidup setiap orang tua sendiri bahkan membuat kehidupan mereka semakin bermakna dan bahagia. Idealnya, seorang wanita mengandung dan melahirkan di usia 20 hingga 35 tahun. Mengandung di usia kurang atau lebih dari itu sangat berisiko dan berbahaya buat kesehatan.

Meski berisiko, saat ini tidak sedikit wanita lanjut usia yang juga melakukan program hamil. Seperti wanita berusia 64 tahun asal China berikut. Dikutip dari laman asiantown.net, wanita yang tidak disebut namanya karena privasi telah mengandung dan melahirkan seorang bayi laki-laki yang sehat di rumah sakit di Jilin, China.

Ibu dan bayi | Photo: Copyright asiantown.net

Proses persalinan dibantu oleh dokter dan staf medis ahli setempat. Melalui operasi caesar, bayi lahir dengan selamat dan memiliki berat 3,7 kg. Walau lahir dari rahim yang terbilang tua, bayi laki-laki tersebut tumbuh dan berkembang dengan baik selama ini. Tepat tanggal 28 Desember 2016, bayi lahir dan bisa melihat dunia dengan selamat.

Sebelum lahir, ada banyak masalah yang dialami oleh sang ibu selama kehamilan. Menurut dokter Teng Hong, saat usia kandungan 13 minggu, ada masalah pada plasenta. Beruntung, masalah ini bisa diatasi dengan baik. Sayang, lagi-lagi masalah kembali hadir. Pada usia kandungan 30 minggu, ibu bayi mengalami pendarahan hebat. Beruntung, perawatan dan pengobatan yang maksimal bisa menyelesaikan masalah ini dengan baik.

Dokter Teng mengatakan, "Ibu bayi mengalami banyak tekanan selama kehamilan. Baik tekanan fisik maupun mental. Tapi dia adalah wanita hebat dan kuat. Dia bisa melewati semuanya dengan baik dan bayi sehat tersebut lahir. Keduanya dalam kondisi aman selama persalinan. Ini adalah keberuntungan dan keajaiban." Karena kelahiran ini, ibu bayi dipercaya sebagai ibu tertua di China. Sangat jarang wanita dengan usia 60 tahun lebih mengandung dan melahirkan bayi.

Ibu bayi berfoto bersama dokter dan staf medis setelah melahirkan | Photo: Copyright asiantown.net

Dikabarkan, kehamilan ini terjadi setelah ibu dan ayah bayi mengalami kekecewaan berat telah kehilangan anak semata wayang mereka untuk selamanya. Merasa hancur dan terluka, keduanya lalu memutuskan untuk menjalankan program kehamilan dan memiliki anak lagi. Selamat atas kelahiran putranya dan semoga bisa membuat keluarga ini semakin bahagia.

Di China, ada ratusan ribu keluarga lain yang juga hancur hatinya karena telah kehilangan anak semata wayang mereka. Kebijakan pemerintah yang hanya memperbolehkan satu keluarga punya satu anak selama tiga dekade terakhir membuat banyak keluarga pasrah. Beruntung, mulai tahun 2016, pemerintah memperbolehkan setiap keluarga memiliki dua anak

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading