Sukses

Lifestyle

Ingin Sukses dan Cepat Dapat Kerja? Jangan Lakukan Ini Saat Wawancara!

Salah satu tahapan terpenting saat melamar pekerjaan adalah wawancara kerja. Wawancara kerja bisa menjadi pengalaman yang mendebarkan bagi tiap pelamar. Meskipun sangat pandai di bidang akademis, namun jika dia tidak bisa menguasai diri dan gugup, maka ada banyak kesalahan yang mungkin dilakukan selama wawancara berlangsung. Ini akan mempengaruhi penilaian sang pewawancara. Untuk itu alangkah baiknya untuk menghindari berbagai kesalahan berikut ini untuk bisa sukses menghadapi interview kerja.

  • Yang harus benar-benar Anda lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai Anda kurang persiapan saat menghadapi wawancara kerja. Kurangnya persiapan dan pengetahuan ini juga bisa menandakan bahwa Anda tak benar-benar tertarik pada pekerjaan yang Anda lamar.
  • Yang kedua adalah jangan sampai Anda salah menjawab pertanyaan. Jangan pula memberikan jawaban yang terlalu panjang dan bertele-tele, atau sebaliknya, terlalu singkat.
  • Selanjutnya yang harus Anda hindari adalah berbohong saat wawancara kerja. Berbohong di sini termasuk tak terbuka sepenuhnya tentang alasan Anda berhenti dari kantor sebelumnya. Jangan memulai karir Anda dengan kebohongan agar kelak tak berbuntut dengan penyesalan.
  • Kesan pertama memang akan sangat dikenang dan dipertimbangkan dalam wawancara kerja. Jangan sampai Anda memberikan kesan pertama yang mengecewakan seperti misalnya terlambat datang, pakaian yang kurang pantas, mengunyah permen karet, atau tidak mematikan HP saat wawancara berlangsung.
  • Selanjutnya Anda harus tetap bersikap positif saat wawancara kerja. Jangan pula menjelek-jelekkan pelamar sebelumnya atau memberikan informasi yang tak diperlukan.


Kunci utama agar sukses wawancara adalah tetap tenang dan mempertahankan attitude positif. Selamat mencoba dan genggam kesuksesan di tangan Anda.  



(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading