Sukses

Lifestyle

Setelah PHK, Apa yang Harus Saya Lakukan

Kehilangan pekerjaan di tengah persaingan untuk mendapat pekerjaan yang tinggi somehow cukup membuat paranoid. Kehilangan pekerjaan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anda. Jika sewaktu-waktu ladies terkena PHK, bagaimana anda menghandlenya dan apa yang harus dilakukan?

Seperti menurut laman money.usnews.com, berikut ini adalah hal-hal yang wajib anda lakukan saat anda mengalami pemutusan hubungan kerja.

Pertama, jangan panik. Tidak mudah memang menghadapi PHK dan kehilangan pekerjaan. Namun, di saat seperti ini, hal yang harus anda lakukan adalah stay cool. Semakin tenang anda dalam menghadapi masalah tersebut, semakin cepat pula anda keluar dari masa-masa sulit ini.

Kedua, jangan berbuat nekat. Misalnya karena anda tidak terima dengan pemutusan hubungan kerja yang terjadi, anda mengirim surat kaleng yang berisi terror kepada mantan atasan anda. Never do it. Ingat, melakukan tindakan nekat bisa membuat anda masuk penjara dan it is not cool at all.

Ketiga, jangan langsung menyetujui pesangon yang diberikan oleh perusahaan. Banyak perusahaan yang memberikan pesangon kepada karyawan setelah mereka dipecat. Lihat dahulu besarnya pesangon yang diberikan. Jika ladies merasa bahwa you deserve better, maka anda berpeluang untuk bernegosiasi dengan perusahaan anda.

Hal lain yang juga perlu dipikirkan setelah anda berhenti bekerja adalah bagaimana anda harus memanfaatkan dengan baik sisa tabungan anda. Karena sementara waktu anda belum memiliki sumber penghasilan, maka ada baiknya jika ladies berhemat untuk bulan depan. Pastikan bahwa anda memotong semua pengeluaran yang tidak terlalu penting. Kurangi hangout atau kegiatan membuang duit tidak penting lainnya.

Next, jangan terlalu berlarut-larut dalam menghadapi PHK yang anda alami. Sekali waktu menyesali dan mempertanyakan mengapa anda kehilangan pekerjaan adalah wajar. Namun jangan menjadikan hal tersebut menguasai pikiran anda. Sebaliknya, look at the bright side. Pikirkan hal-hal positif yang anda dapatkan dari kehilangan pekerjaan tersebut. Hal-hal tersebut akan membuat anda lebih bersemangat.

Agar mental anda tidak terus menerus down setelah kehilangan pekerjaan, pikirkan juga bahwa anda tidak sendiri. Ada banyak rekan kerja anda yang kehilangan pekerjaan. Caritahu juga orang-orang yang mampu bangkit dan lebih sukses setelah mereka terkena PHK. Belajarlah dari mereka.

Jika ladies merasa sudah merasa lebih baik, maka lihatlah peluang untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik. Reconnect dengan orang-orang yang bisa memberi anda lowongan kerja dan keep informed dengan lowongan kerja terbaru yang sesuai dengan kualifikasi anda.

Oleh  : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading