Sukses

Lifestyle

Para Job Seeker, Ikuti Tips Sukses Berikut Ini

Apa saja advice yang banyak diberikan kepada para pencari kerja alias job seeker? Kebanyakan, para pencari kerja mendapat tips seputar bagaimana membuat resume yang baik, berpenampilan yang professional saat interview, dan menjawab pertanyaan interview dengan baik.

They are too mainstream, dan sebagian besar dari ladies pasti sudah mengetahui dengan baik semua tips-tips tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa tips lain daripada yang lain untuk para job seeker dalam rangka mendapat pekerjaan yang bagus.

Pertama, mintalah saran kepada para professional. Selama ini mungkin ladies menganggap bahwa diri anda “marketable” dan layak untuk mendapat pekerjaan yang anda inginkan. Namun dalam rangka mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan, anda tidak bisa mengandalkan hal tersebut. Ada kalanya anda harus sharing dengan para professional di bidangnya. Mintalah saran kepada mereka, mengingat mereka lebih berpengalaman dibandingkan anda.

Kedua, jangan terpaku pada “follow ypur passion”. Jika ladies terpaku pada kalimat tersebut, maka secara tidak langsung ladies membatasi diri anda sendiri. Banyak orang sukses di bidang pekerjaan yang awalnya bukan merupakan passion mereka. Seiring dengan berjalannya waktu, passion tersebut berkembang dengan sendirinya.

Ketiga, tetapkan posisi yang anda inginkan. Ketika ladies akan melamar pekerjaan di suatu tempat, pastikan bahwa anda tahu posisi-posisi yang ada di dalam perusahaan tersebut. Selanjutnya, pilih posisi yang anda inginkan. Di era teknologi yang semakin maju ini, tidak ada susahnya untuk mencaritahu informasi tentang perusahaan yang anda incar serta posisi-posisi apa yang available di sana.

Tips antimainstream lain yang juga penting untuk para jobseeker adalah berlatihnya menjadi pendengar yang baik. Dalam job interview, kebanyakan job seeker terlalu fokus pada bagaimana mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para interviewer. Padahal kemampuan untuk mengetahui kapan harus berbicara, mendengarkan, dan bertanya adalah hal yang juga penting untuk dikuasai.

Selanjutnya, jangan terburu-buru melamar pekerjaan. Kebanyakan job seeker segera mengirim lamaran sesaat mereka mendapat informasi tentang adanya lowongan pekerjaan. Do not do this, ladies. Ada baiknya jika anda mencaritahu terlebih dahulu informasi tentang perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, posisi yang ditawarkan, dan hal detail lainnya. Tidak ada salahnya pula untuk mencari informasi dari orang-orang yang menurut anda berperan penting dalam perusaahn tersebut dan biarkan mereka tahu bahwa anda adalah kandidat yang patut dipertimbangkan.

Oleh: Pravianti

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading