Sukses

Lifestyle

5 Hal Dalam Resume Yang Membuat Anda Gagal Dapat Pekerjaan

Banyak di antara kita yang masih meremehkan adanya CV dan resume. Ada yang mencontoh format satu dengan lainnya, padahal resume tersebut akhirnya jadi tidak relevan. 

CV dan resume seharusnya menjadi satu gambaran yang personal dan profesional. Sehingga bisa memberikan gambaran yang jelas tentang Anda, namun juga masih dalam batas-batas yang dibutuhkan. Dibuat semenarik mungkin untuk mempromosikan Anda. 

Nah, seringnya, orang membuat kesalahan dalam lima poin ini. Cek kembali resume dan CV kerja Anda. 

  1. Prestasi Tak Relevan Banyak digunakan ketika seseorang hanya mengcopy format CV dan resume temannya, atau ketika kita tak punya cukup prestasi yang bisa dibanggakan dan relevan dalam bidang akademis ataupun non akademis. Tak perlu memaksakan diri, kalau belum ada prestasi, Anda bisa menggantinya dengan potensi Anda yang lain misalnya punya skill khusus di bidang tertentu. 
  2. Kualifikasi Yang Kurang Meyakinkan Bahkan di luar negeri, ada beberapa orang yang merasa kualifikasi mereka dibutuhkan hanya karena rambut yang bagus atau penampilan yang good looking. Professionals need skills and brain, tonjolkan kelebihan Anda yang spesifik seperti bisa mengetik 10 jari, bisa bekerja multitasking dan sejenisnya. 
  3. Foto Narsis Dari sebuah foto yang ditunjukkan, tim HRD bisa melihat potensi Anda dalam sekejap. Apakah Anda siap menjadi profesional atau suka membanggakan diri. Berikanlah foto yang meyakinkan, bukan berlebihan.
  4. Too Much Selain foto, hal yang juga membuat CV dan resume Anda tidak jadi dilirik adalah pembuatan format resume dan CV yang berlebihan. Maksud hati ingin membuat resume yang menarik, namun kita malah membuatnya terlalu fancy atau ramai. Anda bisa memberikan tambahan yang menunjukkan kreativitas dan berkorelasi dengan pekerjaan Anda, bukan hiasan semata.
  5. Resume Dikirim Tanpa Pembukaan Biasanya, resume dan CV dikirim begitu saja tanpa greetings. Hal ini membuat bad impress dari tim HRD atau calon kantor yang akan dilamar. At least, bubuhkan small greetings formal dan yakinkan agar mereka mau membuka resume serta CV Anda.

Small things lead us to big things. Jangan remehkan hal kecil yang bisa membawa Anda pada pekerjaan impian. Good luck, Ladies.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading