Sukses

Lifestyle

RESOLUSI KARIER 2013: Smart &Achievable

Pernah mendengar ungkapan, “Today is the first day of the rest of your life”? Ya, gunakan kesempatan di awal tahun ini untuk mengusung karier Anda ke arah yang lebih baik. Tak pernah ada kata terlambat!

Membuat beberapa resolusi di tahun baru sudah menjadi tradisi yang dijalankan oleh banyak orang. Tujuannya adalah untuk memotivasi diri sendiri agar berusha lebih keras dan mencapai apa yang diidam-idamkan. Namun tak jarang Anda terlalu menggampangkan resolusi tersebut sehingga hanya menjadi angan-angan semata. Nah, kali ini Cosmo akan mengajak Anda untuk menyusun sebuah daftar resolusi dalam pekerjaan yang realistis, smart, dan achievable. Siap untuk karier yang lebih gemilang? Be prepared.

Menjadi Lebih Terorganisir

Entah di rumah atau di kantor, tahun yang baru harusnya diawali dengan menyingkirkan semua tumpukan yang membuat meja Anda tampak berantakan. Belilah sebuah organizing board untuk menyimpan semua catatan-catatan kecil atau post-it, daripada hanya menempelkannya semena-mena di layar monitor atau berceceran di seluruh dinding kubikel.

Mempelajari Hal Baru Setiap Hari

Jadikan setiap hari kerja layaknya bersekolah. Maksudnya, Anda harus memastikan bahwa ada hal baru yang dapat dipelajari setiap harinya untuk membuat Anda semakin produktif dalam bekerja. Tak perlu berhubungan dengan skill Anda, bisa saja yang dipelajari adalah hal-hal simpel, seperti memahami bagaimana cara bekerja sama dengan rekan kerja yang sulit. Catat baik-baik di dalam kepala. Seperti di ruang kelas, jangan banyak melamun atau nanti Anda akan tertinggal pelajaran.

Memberi Hadiah Untuk Diri Sendiri

Setelah bekerja dengan maksimal untuk perusahaan, rayakan kesuksesan Anda dengan menghadiahi diri sendiri. Ambil jatah cuti yang sempat tersia-siakan tahun lalu untuk bepergian ke luar kota atau keliling Eropa. Tak memiliki jatah cuti lagi? Cukup dengan sebuah makan malam di resto mewah favorit Anda atau bersantai di rumah sambil membaca novel sudah cukup untuk membuat Anda lebih termotivasi lagi.

Mencoba Untuk Lebih Positif

Jadikan tahun ini sebagai tahun di mana Anda lebih banyak fokus pada hal-hal yang bersifat positif dan hindari semua yang berbau negatif. Yes ladies, ini saatnya Anda untuk menjadi role model bagi rekan kerja yang lain. Hentikan kebiasaan mengkritik orang lain secara berlebihan, jauhkan diri dari gosip, dan kurangi hobi  mengeluhkan segala sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan Anda.

Lebih Sering Mengucapkan “Terima Kasih”

Faktanya, manfaat dari mengucapkan “terima kasih” jauh lebih banyak dirasa oleh orang yang mengucapkan daripada yang menerima. Ya, ucapan “terima kasih”, baik secara langsung maupun melalui catatan di secarik kertas, bisa memberikan efek berupa suntikan energi positif. So, coba Anda ucapkan terima kasih setiap hari kepada rekan kerja, resepsionis, sekuriti, office boy sampai cleaning service yang telah menolong Anda dalam bentuk apapun di kantor. It feels really good!

Melebarkan Peran

Tak ada salahnya lho untuk sesekali melibatkan diri dalam tugas-tugas yang sebetulnya bukan tanggung jawab pekerjaan Anda. Apakah ada proyek di luar tanggung jawab yang sekiranya bisa Anda bantu? Cobalah lebih  proaktif dan tawarkan bantuan. Banyak sekali hal yang bisa dipelajari, dan pastinya si bos akan melihat inisiatif Anda yang tinggi serta kemauan untuk selalu mempelajari hal baru sebagai keuntungan bagi perusahaan.

Lebih Bugar, Lebih Produktif

Okay, ini mungkin ada di daftar resolusi Anda tahun 2012 lalu, tapi tak ada salahnya kesehatan dijadikan resolusi setiap tahum, ‘cause it is THAT important! Berolahragalah setidaknya tiga kali dalam satu minggu. Tak perlu yang berat-berat kok, bisa berjalan kaki ke tempat makan siang, bergabung di klub kebugaran, berenang, jogging di pagi hari, dan banyak lagi. Olahraga terbukti dapat melancarkan aliran darah ke otak sehingga ide-ide brilian bisa Anda hasilkan. Tak hanya sekadar menjadikan tubuh bugar, olahraga juga bisa membuat Anda jauh lebih produktif di tempat kerja. Work it out, girls!

Lebih Relaks di Kantor

Have fun. Anda boleh bekerja dengan amat keras, namun harus tetap tersenyum saat menjalankannya. Tak ada yang suka dengan  penggerutu atau orang yang selalu memasang tampang masam. Jalani setiap hari dengan semangat positif dan santai. Jangan lupa untuk meluangkan waktu juga bagi teman-teman, keluarga dan Anda sendiri. Inilah yang namanya worklife balance. Hanya bekerja saja tanpa bersantai tidak akan mempermudah hidup Anda, dear.

Mengontrol Lebih Ketat Keuangan Pribadi

Berat? Pastinya. Tapi sekaranglah saatnya Anda untuk mengelola pengeluaran secara lebih baik dan mengontrol kebiasaan belanja yang kian tak terkendali. Cari sistem pengelolaan keuangan yang paling cocok bagi Anda dan berusahalah dengan keras untuk menaatinya demi masa depan.

Memastikan Agar Atasan Tahu Aspirasi Anda

Anda harus memiliki kinerja yang sangat baik dalam pekerjaan, karena itulah satu-satunya cara jitu untuk meraih kredibilitas. Namun kunci dari kebahagiaan dalam berkarier adalah mengetahui ke manakah karier Anda akan berlanjut? Jenjang karier sangat berperan untuk membuat Anda merasa engaged dengan pekerjaan. Coba ajak atasan Anda untuk membicarakan hal ini; beritahukan padanya apa yang Ada cita-citakan. Jika ternyata peluang Anda untuk berkembang di perusahaan ini sangat kecil, mungkin saatnya untuk pindah.

Meng-Update Resume

Well, Anda kan tak pernah tahu kapan kesempatan baik akan tiba, jadi lebih baik kalau Anda sudah mempersiapkan diri sejak awal. Meng-update resume, secara tak langsung, juga akan membantu Anda untuk mengingat-ingat kembali pencapaian-pencapaian apa saja yang telah Anda raih selama bekerja. Nanti saat review tiba, Anda pun bisa dengan lancar menjabarkannya tanpa harus menggali-gali dan mengingat-ingat lagi.

Coret Ini Dari Daftar Resolusi Karier Anda!

Coret: Berusaha lebih sukses dalam berkarier. Resolusi ini selain abstrak, tapi juga terlalu umum, terutama jika Anda berada di tahap-tahap awal karier. Memaksa diri untuk mencapai target yang kurang spesifik hanya akan membuat usaha Anda kurang maksimal.

Tulis: Meningkatkan skill yang akan berguna dalam pekerjaan. Anda bisa mengikuti training-training, baik yang diadakan oleh perusahaan atau pihak lain. Dengan skill baru, tentunya peluang Anda untuk berkembang di perusahaan akan semakin besar lagi.

Coret: Networking. Ya, Cosmo memang selalu menekankan betapa pentingnya networking. Namun tak perlu secara khusus dijadikan resolusi karena akan ada banyak peluang sepanjang tahun untuk melakukannya.

Tulis: Tingkatkan rasa ingin tahu terhadap orang baru. Mendapat kenalan baru? Bertanyalah tentang pekerjaan dan kehidupan mereka tanpa berharap orang tersebut kan bermanfaat bagi karier Anda. Simply ask for the sake of knowing more. Tujuannya bukan untuk mengumpulkan business card sebanyak-banyaknya, namun untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam berkomunikasi dengan orang baru.

Coret: Berhemat. Sama seperti yang pertama di atas, “berhemat” masih bersifat terlalu abstrak dan kurang spesifik. Berhemat sebesar apa? Berhemat untuk apa?

Tulis: menabung lebih banyak dari tahun lalu (atau sekian persen dari pendapatan). Cukup jelas kan daripada sekedar berhemat?

Source : Cosmopolitan Edisi Januari 2013 Halaman 195

(vem/Cosmo/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading