Sukses

Lifestyle

5 Alasan Anda Belum Juga Diterima Kerja

Mencari pekerjaan memang hal yang tidak mudah. Lowongan sedikit, sementara banyak yang mencari pekerjaan. Tidak banyak orang yang menjadi entrepreneur di awal karir mereka.

Sudah berapa kali Anda tidak mendapatkan pekerjaan padahal sudah melamar di mana-mana? Persaingan dunia kerja masa kini memang tidak mudah. Kita bahkan tidak cukup hanya mengandalkan titel semasa menempuh pendidikan. Mungkin saja Anda sebenarnya tidak diterima karena hal-hal sepele ini.

1. Tidak Menulis dan Mengirim Lamaran Dengan Benar

Mengirim surat lamaran, baik itu lewat email, pos, maupun datang langsung ke instansi, maka Anda perlu teliti dalam menuliskan lamaran. Mulai dari identitas diri, nama kantor hingga cara mengirimkan. Khusus untuk mengirim lamaran via email, alangkah baiknya bila Anda juga menulis di badan email, bukan hanya menyertakan CV dan meminta HRD untuk mengeceknya, terutama bila Anda melamar ke tempat kerja yang bonafit.

2. Datang Terlambat

Saat Anda mendapatkan panggilan interview dan datang terlambat, hal itu menggambarkan beberapa hal, di antaranya antusiasme Anda, kesungguhan Anda dan kualitas diri Anda. Hal ini sangat menentukan kesan pertama dari perusahaan. Jadi, hargailah waktu, Ladies.

3. Penampilan Kurang Mengesankan

Mau tidak mau, Anda membutuhkan penampilan yang rapi dan resmi untuk memberikan kesan yang baik. Pakaian Anda bisa menggambarkan diri diri dan keseriusan Anda, Ladies.

4. Kemampuan Komunikasi Kurang

Kemampuan berbahasa dan maupun tulisan merupakan aspek penting dalam dunia kerja. Komunikasi merupakan pendukung kesan pertama. Termasuk bahasa tubuh saat menjelaskan, bisa menjadi daya tarik Anda. Apa yang Anda bicarakan pun menjadi bobot penilaian.

5. Tidak Memenuhi Kualifikasi

Untuk yang satu ini, biasanya sering dilakukan orang-orang. Bisa jadi karena tidak memenuhi kualifikasi secara skill, bisa juga karena tidak available untuk ditempatkan di cabang tertentu atau bekerja dengan durasi tertentu.

Kunci dari mencari pekerjaan adalah mempersiapkan dengan baik dan terus mencoba bila mengalami kegagalan. Waspada juga dengan berbagai resiko lowongan kerja palsu. Semoga Anda bisa mendapatkan pekerjaan sesuai passion Anda.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading