1. VEMALE
  2. /
  3. KARIR

4 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menentukan 'Gaji' Freelance

Jum'at, 24 Agustus 2018 10:30 Penulis: Ayu Puji Lestari
Ilustrasi/copyright unsplash.com/@nicolehoneywill

Vemale.com - Menjadi freelance akhir-akhir ini banyak menjadi pilihan. Waktu yang lebih fleksibel seringkali menjadi pilihan mengapa seseorang memilih menjadi freelance. Namun jangan salah, seorang freelance juga harus disiplin dalam mengolah waktu. Tentu saja agar semua pekerjaan kamu dapat selesai dengan tepat waktu.

Masalah yang seringkali menjadi hambatan seorang freelance adalah menentukan nilai fee dari pekerjaannya. Nah, agar tidak salah langkah berikut ini adalah 4 hal penting yang harus kamu lakukan untuk menentukan gaji freelance.

1. Tetapkan Berdasar Pengalaman Kamu

Jika karyawan tetap seringkali menuntut kenaikan gaji, maka kamu sebagai seorang freelance pun perlu menaikkan standar fee kamu. Tetapkan standar fee kamu berdasarkan pengalaman kamu dalam mengerjakan project yang sudah kamu selesaikan.

Pengalaman memainkan peran besar dalam bagaimana kamu menghargai pekerjaan kamu. Kamu akan jauh lebih percaya diri dengan tingkat yang lebih tinggi dibandingkan ketika kamu baru pertama kali menyelesaikan project.

2. Pertimbangan Pengisian Proyek

Ketika kamu mengenakan biaya per proyek daripada per jam, kamu biasanya menghasilkan lebih banyak uang. Ini membuat klien sangat peduli dengan kualitas pekerjaanmu. Harga per proyek juga memastikan tidak kehilangan uang karena kamu menjadi freelance yang lebih baik dan lebih efisien.

Penting juga untuk dicatat pembayaran per jam dapat sangat bervariasi tergantung pada cakupan proyek, jadi penagihan per proyek dapat membuat pembayaran lebih konsisten untuk kamu ataupun klien.

3. Perhitungkan Besarnya Pajak

Bekerja sebagai freelance bukan berarti bebas dari pajak. Maka pastikan kamu menghitung besarnya pajak yang akan kamu bayarkan ketika memulai suatu proyek. Masukkan tagihan pajak dalam fee proyek yang kamu kerjakan.

4. Komunikasikan Bersama Freelance yang Lain

Jangan ragu untuk membuka komunikasi dengan freelance yang lain. Ada banyak sumber daya untuk freelancer, seperti grup Facebook. Kamu bisa berkonsultasi dengan freelancer lain, tetapi harus mempertimbangkan berapa banyak waktu dan energi yang diperlukan bagimu untuk menyelesaikan tugas, serta berapa banyak penghasilan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan secara finansial.

Nah, ladies demikian 4 tips untuk menentukan 'gaji' proyek freelance kamu. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
5 Film Indonesia Tayang Bulan Desember 2018