Sukses

Lifestyle

4 Cara Cerdas Mencari Lowongan Pekerjaan Secara Online

Di zaman yang serba canggih dan praktis, segala informasi bisa didapatkan dan menjadi lebih mudah dilakukan, termasuk mencari lowongan pekerjaan dan melamar pekerjaan. Kamu bisa mencari pekerjaan dengan cara online di internet.

Namun mencari pekerjaan dengan cara online juga diperlukan keterampilan, karena bukan mudah menemukan lowongan pekerjaan di internet bukan berarti kamu bisa mendapatkan pekerjaan tersebut dengan mudah. Diperlukan strategi agar bisa mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan secara online. Ini yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan lowongan pekerjaan yang kamu inginkan.

1. Tentukan tujuan karier
Kamu sudah harus tahu dan punya gambaran serta rencana yang jelas seperti apa tujuan karirmu sebelum menentukan pilihan pekerjaan. Apakah kamu berencana mendapatkan pengalaman kerja, menyasar pekerjaan tetap, membangun kredibilitas atau yang lainnya.

2. Visualisasikan perusahaan yang ideal
Kamu memang sangat membutuhkan pekerjaan, namun kamu juga harus tahu seperti apa batasan yang bisa ditoleransi terhadap apa yang diberikan perusahaan. Seperti misalnya jika load kerja banyak dengan pendapatan tidak seimbang, pikirkan lagi. Kamu juga perlu punya standar perusahaan ideal di dalam benak agar kamu nyaman selama bekerja di sana. Sesuaikan karakter perusahaan dengan karakter diri sendiri.

Cara mendapatkan lowongan pekerjaan dengan cara online/copyright Unsplash.com/Andrew Neel

3. Mencari tahu latar belakang perusahaan
Kenali lebih dulu seperti apa perusahaan yang akan kamu lamar. Perlu juga memerhatikan ulasan serta cakupan posisi pekerjaan yang ingin kamu dapatkan. Persiapkan diri dengan mengenal perusahaan tersebut dengan baik.

4. Pandai memilih dan meneliti
Buat daftar apa saja yang perlu kamu periksa dari perusahaan dan pekerjaan yang ingin kamu lamar. Jangan asal memasukkan lamaran, cek apakah itu adalah lowongan pekerjaan palsu atau tidak. Cermat memilih lowongan pekerjaan agar tidak terjebak dengan aksi penipuan.

Itu sekian hal yang bisa kamu lakukan jika berniat mencari lowongan pekerjaan secara online. Karena teknologi sangat memudahkan penggunanya, bukan tidak mungkin kamu lebih mudah direkrut ketika mengetahui lowongan kerja secara online.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading