Sukses

Lifestyle

Review Negatif Pelanggan Bukan Ancaman, Ini Cara Tepat Menanggapinya

Ladies, dalam berbisnis tentu pelanggan berharap mendapat pelayanan yang baik. Begitu pula dengan pelaku usaha, pastinya berusaha memenuhi harapan pelanggan dengan layanan yang terbaik. Namun pada perjalanannya seringkali ada hal-hal yang tidak cocok di hati pelanggan sehingga menimbulkan kekecewaan dan kritik. Apalagi di era media sosial sekarang ini, sangat mudah bagi pelanggan untuk memberikan komentar atau review negatif dalam bentuk tulisan yang dibagikan di ruang maya publik.

Tapi jangan salah, Ladies, tak selalu review negatif yang diberikan pelanggan adalah ancaman bagi bisnismu. Semuanya tergantung bagaimana kamu mampu menangani keluhan tersebut dan bagaimana cara kamu meresponnya secara terbuka.

Foto: copyright pexels.com

Inilah yang perlu kamu lakukan jika ada review negatif terhadap bisnismu, seperti yang kami lansir dari Liputan 6:

Tanggapi dengan baik

Sangat penting menanggapi setiap komentar yang masuk tentang bisnismu, entah itu positif atau pun negatif. Dengan memberikan tanggapan, menunjukkan bahwa kamu peduli terhadap pelangganmu dan terlebih, terhadap bisnismu. Pelanggan yang kecewa tetapi masih mau melayangkan komentar langsung kepada penjual justru harus dihargai. Banyak kasus menunjukkan pelanggan merasa kecewa karena kritiknya tidak ditanggapi dan justru menjadi bumerang bagi pelaku usaha itu sendiri.

Minta maaf

Memang, pelanggan tak selalu benar, tetapi tidak bijak jika melontarkan kata-kata yang terkesan menyalahkannya. Tanggapilah dengan "terima kasih" karena sudah mau menyampaikan kritikannya, kemudian ekspresikan empati tanpa menyalahkan pelanggan dan meminta maaf.

Permohonan maaf ini bisa diungkapkan dengan cara menanggapi di social media atau secara pribadi menghubungi lewat telepon atau e-mail.

Berikan perlakuan khusus sebagai permintaan maaf

Kamu bisa menawarkan kupon, voucher, diskon atau produk secara cuma-cuma sebagai permintaan maaf. Hal ini bisa dibilang sebagai cara untuk mendapatkan kesempatan kedua di hati pelanggan. Dengan cara ini, tidak mustahil pelanggan akan memperbarui ulasan dan mengalami pengalaman yang lebih baik di kesempatan kedua.

Tidak mudah memang menerima kritik, tetapi kalau kamu mau usahamu maju dan berkembang, janganlah takut menghadapi kritik. Tetap semangat ya, Ladies!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading